ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS TANAMAN SELADA HIJAU DI CV. HARVEST QUEEN KOTA BATU JAWA TIMUR
Main Article Content
Abstract
Pengontrolan dan pengawasan kualitas merupakan hal penting dalam kegiatan proses produksi salah satunya yaitu pengendalian kualitas produk. Kegiatan pengendalian kualitas produk bertujuan untuk menjaga kerusakan produk. Pengendalian kualitas produk erat kaitannya dengan kepuasan konsumen. Namun, pada nyatanya pada tanaman selada hijau yang diproduksi oleh CV. Harvest Queen terjadi penurunan kualitas produk pada tanaman selada hijau. Sehingga penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisa pengendalian kualitas pada tanaman selada hijau, mengetahui faktor penyebab penurunan kualitas tanaman selada hijau dan menganalisa kepuasan dan harapan konsumen terhadap atribut produk tanaman selada hijau. Penelitian ini dilakukan di CV. Harvest Queen Kota Batu Jawa Timur dengan menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC) dan House of Quality (HOQ). Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan responden yang terdiri dari produsen (pengelola perusahaan) dan 55 konsumen tanaman selada hijau CV. Harvest Queen. Hasil menunjukkan bahwa: 1) Nilai kerusakan produk selada hijau berada diluar batas kendali UCL (Upper Control Limit) dengan tingkat kerusakan tertinggi terjadi pada bulan April dan Mei 2021 sebanyak 43 kg dan 39 kg. 2) Faktor penyebab kerusakan produk berasal dari alat mesin, bahan baku, sumber daya manusia dan lingkungan. 3) Harapan dan kepuasan konsumen terhadap produk selada hijau terletak pada atribut tekstur dan warna. Artinya, atribut tersebut menjadi prioritas perusahaan untuk terus melakukan perbaikan agar menjadi produk unggulan dan untuk dipertahankan agar meningkatkan minat konsumen terhadap produk selada hijau yang ada di pasaran.