PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGETAHUAN PRODUK PERBANKAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN BANK SYARIAH DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI VARIABEL MODER

  • Widanarni Pujiastuti STIE Malangkucecwara
  • Elsi Sabrina STIE Malangkucecwara
  • Didik Priyo STIE Malangkucecwara
Keywords: Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan Produk, Keputusan, Kecerdasan Spiritual

Abstract

Literasi keuangan dibutuhkan dalam pengelolaan keuangan individu baik untuk masa kini dan masa mendatang. Salah satu fasilitas dalam bidang ekonomi yang dapat membantu pengelolaan keuangan adalah lembaga perbankan. Penyesuaian dengan mayoritas penduduk Indonesia yang merupakan masyarakat beragama Islam, adanya perbankan syariah dinilai dapat membantu pengelolaan keuangan yang disesuaikan dengan ketentuan syariat agama. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah dan pengetahuan produk perbankan syariah terhadap keputusan penggunaan bank syariah dengan kecerdasan spiritual sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim yang berdomisili di Kota Malang dan menggunakan bank syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer sebagai sumber datanya yang dihasilkan melalui penyebaran kuesioner. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan bahwa literasi keuangan syariah dah pengetahuan produk perbankan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan bank syariah, sedangkan kecerdasan spiritual dapat memoderasi pengaruh literasi keuangan syariah terhadap keputusan penggunaan bank syariah, akan tetapi tidak bisa memoderasi pengetahuan produk perbankan syariah terhadap keputusan penggunaan bank syariah.

References

Alimi, M. El, & As’ad, S. (2023). Literasi Keuangan Syariah pada UMKM dan Dampaknya terhadap Penggunaan Produk Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(02), 2080–2090. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.7602

Delvi, D. S., & Rahmi, D. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Keputusan Mahasiswa S-1 Unisba dalam Menggunakan Produk Bank Syariah. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 87–94. https://doi.org/10.29313/jrieb.vi.1180

Fadhilah, M. N., & Yuliafitri, I. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Bagi Hasil, Pendapatan, dan Kualitas Layanan Digital M-Banking terhadap Keputusan Menabung Milenial di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islami, 8(2), 98–

https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jebi.v13i2.2101

Hakim, M. A. R. (2020). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Keputusan Membuka Rekening Bank Syariah (Studi pada Mahasiswa Islam Kota Malang). Jurnal Ilmiah, 8(2), 1–12. www.bi.go.id

Imran, & Hendrawan, B. (2017). Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam tentang Bank Syariah terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Journal of Business Administration, 1(2), 209–218. https://doi.org/https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.621

Luan, O. B., & Manane, D. R. (2021). ANALISIS KINERJA KEUANGAN DITINJAU DARI RASIO AKTIVITAS DAN RASIO PROFITABILITAS (STUDI KASUS PADA PT GUDANG GARAM Tbk). Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(4), 37–45. https://doi.org/10.32938/jie.v2i4.923

Manane, D. R., Duli, D. K., & Taolin, M. L. (2022). Analisis kinerja keuangan perusahaan umum daerah air minum sedaratan timor. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(3), 668. https://doi.org/10.29210/020221515

Nurrohmah, R. F., & Purbayati, R. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Masyarakat terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Jurnal Manajemen Perbankan Syariah, 3(2), 140–153. https://doi.org/https://doi.org/10.32627/maps.v3i2.135

Parmitasari, R. D. A., Alwi, Z., & S, S. (2018). Pengaruh Kecerdasan Spritual dan Gaya Hidup Hedonisme dalam Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Ide, Dan Inspirasi, 5(2), 147–162. https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.5699

Resti, E., Aravik, H., & Choirunnisak. (2021). Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Ex Bank Syariah Mandiri KCP Palembang KM 6). JurnalIlmiah Mahasiswa Perbankan Syariah, 1(2), 135–144. https://doi.org/https://doi.org/10.36908/jimpa.v1i2.31

Ruwaidah, S. H. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Shariah Governance Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 1(1), 79–106. https://doi.org/https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v2i1.706

Salim, F., Arif, S., & Devi, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, dan Religiusitas terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah: Studi Pada Mahasiswa FAI Universitas Ibn Khaldun Bogor Angkatan 2017-2018. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 226–

https://doi.org/https://doi.org/10.47467/elmal.v3i2.752

Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Atapukan, 7(1), 54–61. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28989/compiler.v7i1.254

Sugiarti, D. (2023). Literasi Keuangan Syariah Generasi Z dan Minatnya pada Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Siswa SMK di Jakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 766–772. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7991

Published
2024-03-29
How to Cite
Pujiastuti, W., Sabrina, E., & Priyo, D. (2024). PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGETAHUAN PRODUK PERBANKAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN BANK SYARIAH DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI VARIABEL MODER. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1), 14 - 25. https://doi.org/10.32938/ie.v6i1.6561