Analisis Gaya Belajar Dan Kemampuan Literasi Matematika Pada Tuna Rungu
Main Article Content
Abstract
Pendidikan yang layak diterima oleh para disabilitas utamanya tuna rungu sebagai hak sesuai dengan amanat undang-undang. Perhatian besar pemerintah juga diwujudkan dengan memebrikan layanan Pendidikan yang memedai. Kemampuan belajar harus disamakan. Tuna rungu dengan keterbatasannya masih harus terus sama dengan lainnya untuk kemapuan yang dikembangkan. Terkait dengan kemampuan literasi matematika yang banyak dikembangkan harus didukung dengan mengetahui gaya belajar tuna rungu. Metode penelitain yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Disimpulkan tuna rungu menyukai visual atau gambar yang tampak oleh penglihatan dimana memang untuk indera tersebut para subyek tidak mengalami kendala atau keterbatasan. Sedangkan untuk gaya belajar kinestetik mereka tunjukkan karena kemampuan motorik kasar dengan menggunakan media peraga dan ilustrasi sangat membantu dan disukai karena teramati lebih mudah dapat menyalurkan maksud dan tujuan yang subyek pikirkan dapat tersampaikan denagn mudah dan baik. Dapat disimpulkan bahwa kemapuan literasi matematis tuna rungu baik dan mampu memenuhi semua indikatornya