Identifikasi Level Berfikir Geometri Mahasiswa Menurut Teori Van Hiele Pada Materi Geometri Analitik

Main Article Content

Indah Rahayu Panglipur

Abstract

Salah satunya adalah bidang geometri yang menjadi acuan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan konstruksi dan penampakan benda di tengah-tengah manusia. Hasil studi mahasiswa tahun 2021 diperoleh data materi tidak dapat dipahami dengan baik. Kemampuan siswa berbeda-beda dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan ruang. Subyek penelitian pada mahasiswa semester 4 program studi pendidikan matematika. Penelitian ini menggunakan 3 subjek dengan kemampuan yang berbeda. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa soal tes dan lembar wawancara. Instrumen divalidasi oleh ahli dari dua dosen Universitas PGRI Argopuro Jember. Nilai validasi ahli (

Article Details

How to Cite
Panglipur, I. R. (2022). Identifikasi Level Berfikir Geometri Mahasiswa Menurut Teori Van Hiele Pada Materi Geometri Analitik. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(2), 113–121. https://doi.org/10.32938/jipm.7.2.2022.113-121
Section
Articles

References

Ruttenberg, M. &. (2015). Risks Worth Taking? Social Risks and theMathematics Teacher.

Abu, M. S., & Abidin, Z. Z. (2013). Improving the Levels of Geometric Thinking of Secondary School Students Using Geometry Learning Video based on Van Hiele Theory. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 2(1). https://doi.org/10.11591/ijere.v2i2.1935

Ambarwati, Toto Bara Setiawan, E. Y. (2018). Analisis Kemampuan Visual Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA Konten Shape And Space Ditinjau Dari Level Berpikir Geometri Van Hiele. Kadikma, 9(3), 51–60. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/10829

Fitriyani, H., Widodo, S. A., & Hendroanto, A. (2018). Students’ Geometric Thinking Based on Van Hiele’S Theory. Infinity Journal, 7(1), 55. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i1.p55-60

Haviger, J., & Vojkůvková, I. (2015). The van Hiele Levels at Czech Secondary Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 912–918. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.209

Hock, T. T., Tarmizi, R. A., Aida, A. S., & Ayub, A. F. (2015). Understanding the primary school students’ van Hiele levels of geometry thinking in learning shapes and spaces: A Q-methodology. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(4), 793–802. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1439a

Junedi, B. (2017). Penerapan Teori Belajar Van Hiele Pada Materi Geometri Di Kelas Viii. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.30743/mes.v3i1.213

Khoiri, M. (2014). Pemahaman Siswa pada Konsep Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele. Pemahaman Siswa Pada Konsep Segiempat Berdasarkan Teori van Hiele, 1 (1)(Universitas Jember), 262–267.

Ma, H. L., Lee, D. C., Lin, S. H., & Wu, D. B. (2015). A study of Van Hiele of geometric thinking among 1 st through 6 th Graders. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 1181–1196. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1412a

Nopriana, T. (2014). Berpikir Geometri Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. Delta, 2(1), 41–42.

Pujawan, I. G. N., Suryawan, I. P. P., & Prabawati, D. A. A. (2020). The effect of van hiele learning model on students’ spatial abilities. International Journal of Instruction, 13(3), 461–474. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13332a

Sudihartinih, E., & Mulyana, E. (2014). Perkuliahan Geometri Transformasi Dengan Pendekatan Kontruktivisme Untuk Meningkatkan Level Berpikir Geometri Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 12–16.

Utomo, F. H., Wardhani, I. S., & Asrori, M. A. R. (2015). Komunikasi Matematika Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Mata Kuliah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 9(2), 159. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i2.37

Vojkuvkova, I. (2012). The van Hiele Model of Geometric Thinking. WDS’12 Proceedings of Contributed Papers, 1, 72–75.

Yudianto, E., Sunardi, Sugiarti, T., Susanto, Suharto, & Trapsilasiwi, D. (2018). The identification of van Hiele level students on the topic of space analytic geometry. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012078