Identifikasi Level Berfikir Geometri Mahasiswa Menurut Teori Van Hiele Pada Materi Geometri Analitik
Main Article Content
Abstract
Salah satunya adalah bidang geometri yang menjadi acuan berbagai permasalahan yang berkaitan dengan konstruksi dan penampakan benda di tengah-tengah manusia. Hasil studi mahasiswa tahun 2021 diperoleh data materi tidak dapat dipahami dengan baik. Kemampuan siswa berbeda-beda dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan ruang. Subyek penelitian pada mahasiswa semester 4 program studi pendidikan matematika. Penelitian ini menggunakan 3 subjek dengan kemampuan yang berbeda. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa soal tes dan lembar wawancara. Instrumen divalidasi oleh ahli dari dua dosen Universitas PGRI Argopuro Jember. Nilai validasi ahli (
Article Details
References
Ruttenberg, M. &. (2015). Risks Worth Taking? Social Risks and theMathematics Teacher.
Abu, M. S., & Abidin, Z. Z. (2013). Improving the Levels of Geometric Thinking of Secondary School Students Using Geometry Learning Video based on Van Hiele Theory. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 2(1). https://doi.org/10.11591/ijere.v2i2.1935
Ambarwati, Toto Bara Setiawan, E. Y. (2018). Analisis Kemampuan Visual Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA Konten Shape And Space Ditinjau Dari Level Berpikir Geometri Van Hiele. Kadikma, 9(3), 51–60. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/10829
Fitriyani, H., Widodo, S. A., & Hendroanto, A. (2018). Students’ Geometric Thinking Based on Van Hiele’S Theory. Infinity Journal, 7(1), 55. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i1.p55-60
Haviger, J., & Vojkůvková, I. (2015). The van Hiele Levels at Czech Secondary Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 912–918. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.209
Hock, T. T., Tarmizi, R. A., Aida, A. S., & Ayub, A. F. (2015). Understanding the primary school students’ van Hiele levels of geometry thinking in learning shapes and spaces: A Q-methodology. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(4), 793–802. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1439a
Junedi, B. (2017). Penerapan Teori Belajar Van Hiele Pada Materi Geometri Di Kelas Viii. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.30743/mes.v3i1.213
Khoiri, M. (2014). Pemahaman Siswa pada Konsep Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele. Pemahaman Siswa Pada Konsep Segiempat Berdasarkan Teori van Hiele, 1 (1)(Universitas Jember), 262–267.
Ma, H. L., Lee, D. C., Lin, S. H., & Wu, D. B. (2015). A study of Van Hiele of geometric thinking among 1 st through 6 th Graders. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 1181–1196. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1412a
Nopriana, T. (2014). Berpikir Geometri Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. Delta, 2(1), 41–42.
Pujawan, I. G. N., Suryawan, I. P. P., & Prabawati, D. A. A. (2020). The effect of van hiele learning model on students’ spatial abilities. International Journal of Instruction, 13(3), 461–474. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13332a
Sudihartinih, E., & Mulyana, E. (2014). Perkuliahan Geometri Transformasi Dengan Pendekatan Kontruktivisme Untuk Meningkatkan Level Berpikir Geometri Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 12–16.
Utomo, F. H., Wardhani, I. S., & Asrori, M. A. R. (2015). Komunikasi Matematika Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Mata Kuliah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 9(2), 159. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i2.37
Vojkuvkova, I. (2012). The van Hiele Model of Geometric Thinking. WDS’12 Proceedings of Contributed Papers, 1, 72–75.
Yudianto, E., Sunardi, Sugiarti, T., Susanto, Suharto, & Trapsilasiwi, D. (2018). The identification of van Hiele level students on the topic of space analytic geometry. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012078