Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Pada Materi Lingkaran

Main Article Content

Nopa Deo Pani
Agus Dahlia
Sari Herlina
Leo Adhar Effendi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik yang berbasis Project Based Learning pada materi lingkaran untuk SMP kelas VIII yang kevalidannya telah teruji. Metode pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah metode pengembangan atau R&D engan menggunakan model pengembangannya adalah model ADDIE, yakni meliputi; 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi) dan 5) Evaluation (Evaluasi). Tetapi dikarenakan situasi pandemi covid-19 model pengembangan ADDIE yang dilakukan hanya tiga tahap saja yaitu ; 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), dan 3) Development (Pengembangan). Penelitian ini menggunakan instrument yang berupa lembar validasi LKPD. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data validasi dari 2 orang dosen Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau dan 1 orang guru matematika kelas VIII SMPN BINSUS DUMAI. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data validasi. Hasil penelitian menunjukkan LKPD dengan kategori sangat valid dengan rata-rata total 85,54%. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh lah LKPD berbasis Project Based Learning pada materi lingkaran di kelas VIII yang teruji kevalidannya. Sehingga perangkat pembelajaran yang dihasilkan dapat didiagnosa sebagai perangkat yang valid untuk digunakan di kelas.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Agus Dahlia, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika

Sari Herlina, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika

Leo Adhar Effendi, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika