ANALISIS KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN TEORI VAN DEN HEUVEL-PANHUIZEN
Main Article Content
Abstract
Cabang Matematika yang tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia adalah aritmatika. Aritmatika memuat kemampuan dasar yang mana dengan kemampuan itu siapapun akan dimudahkan ketika melakukan aktivitas apapun yang membutuhkan perhitungan. Namun ada saat dimana perhitungan pasti tidak diperlukan. Hal ini dapat diselesaikandengan melakukan estimasi berhitung sehingga kemampuan ini harus dimilikidimulai dari usia sekolah. Namun, kenyataannya beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih baik dalam berhitung untuk mendapatkan nilai pasti daripada melakukan estimasi. Berdasarkan penelitian mengenai kemampuan estimasi berhitung yang dilakukan pada siswa SMP, SMA dan Mahasiswa di Kefamenanu dengan memanfaatkan Teori Van den Heuvel-Panhuizen diperoleh hasil bahwa pada tingkat mahasiswa strategi estimasi yang muncul adalah strategi Front-end dan strategi berhitung mental yang biasanya dimiliki oleh orang-orang yang pandai berhitung. Sedangkan siswa SMA dan SMP cenderung melakukan strategi pembulatan ke ribuan terdekat. Adapun kesalahan yang muncul yaitu siswa masih menggunakan cara berhitung pasti ketika berhadapan dengan masalah estimasi berhitung.
Article Details
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika
References
Boz & Bulut. (2012). Affective Factors Associated with Computational Estimation of Seventh Graders. Necatibey Faculty of Education Electronic Journal of Science and Mathematics Education, 6 (2), 183 – 216.
Freudenthal. (1991). Revisiting Mathematics Education: China Lectures. Dordrecht, the Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
Lan Y, Sung Y, Tan N, Lin C, & C K. Mobile-Device-Supported Problem-Based Computational Estimation Instruction for Elementary School Students. Educational Technology & Society, 13 (3), 55–69.
Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya
Reys, Lindqusit, Lambdin & Smith. (2009). Helping Children Learn Mathematics 9th Edition. USA: John Wiley & Sons, Inc
Rizal, M. (2011).Proses Berpikir Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Melakukan Estimasi Masalah Berhitung. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA Tanggal (Vol. 14, pp. 19-28)
Tsao, Y. L., & Pan, T. R. (2011). Study on the Computational Estimation Performance and Computational Estimation Attitude of Elementary School Fifth Graders in Taiwan. Online Submission.