Perspektif Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Secara Blended Learning Selama Masa Transisi

Main Article Content

Riham Fahira Rantayu
Dian Ayu Andini
Dewi Maisaroh
Sumbaji Putranto

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti akan menunjukkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika secara blended learning serta bagaimana perspektif 18 siswa SMP/MTs atau sederajat terhadap blended learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitiannya menggunakan kuesioner semi terbuka melalui google formulir. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner tersebut melalui media sosial WhatsApp. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dengan wawancara tertulis melalui media sosial WhatsApp. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Adanya kemudahan dalam mempelajari materi pembelajaran, meskipun terdapat kendala dalam pelaksanaannya, 2) Protokol kesehatan telah dilaksanakan dengan baik saat pembelajaran matematika tatap muka terbatas berlangsung, 3) Guru cenderung mengulang materi sebelunya saat tatap muka 4) Banyak siswa merasa senang terhadap blended learning dimasa transisi ini. Oleh karena itu, dengan pemberlakuan Blended Learning diharapkan dapat mengurangi problematika pembelajaran matematika di masa pandemi ini.

Article Details

Section
Articles

References

Aminullah, Ikram, Chandra, F., Fitriani, N., Wasna, Misna, & Elihami. (2021). Proses Pembelajaran Masa Pandemi COVID 19 (Studi Pelaksanaan Pandemi PLP Dasar). Maspul Journal of Community Empowerment, 3(1), 21-27. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/1307

Coronavirus (COVID-19) Vaccinations. (n.d.). Retrieved from Our World in Data: https://ourworldindata.org/covid-vaccinations?country=IDN

CSSE, T. (2021, November). Coronavirus Resource Center. Retrieved from Johns Hopkins University: https://coronavirus.jhu.edu/map.html

Darma, I., Karma, I. M., & Santiana, I. A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi 4.0 bagi Pendidikan Tinggi. PRISMA : Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 527-539). Semarang: Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37580

Hamzah, dkk. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT Ina Publikatama.

Harahap, Y., Nasution, N. A., & Lubis, F. R. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kebijakan Pemerintah Tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Kota Padang Sidimpuan. Jurnal LPPM, 11(4), 69-77. Retrieved from http://www.jurnal.ugn.ac.id/index.php/jurnalLPPM/article/view/730

Manapa, I. Y. (2021). Permasalahan Aktivitas Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Selama Era New Normal. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1), 9-17. doi:http://dx.doi.org/10.30998/sap.v6i1.9115

Maulana, R., Ma'ruf, D., & Tarmizi. (2020). Model Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Blended Learning Berbasis Mobile. Journal Informatic, Education and Management, 2(2), 54-61. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27

Mendikbudristek. (2021, November). Surat Edaran Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka. Retrieved from Kemendikbudristek: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/09/surat-edaran-penyelenggaraan-pembelajaran-tatap-muka-tahun-akademik-20212022

Mosa, E. (2006). A Blended E-Learning model. Italian Journal Educational Technology.

Mustafa, dkk. (2021). Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 . Jakarta Selatan: Kemendikbudristek .

Noval, A., & Nuryani, L. K. (2020). Manajemen Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di MAS YPP Jamanis Parigi dan MAN 1 Pangandaran). Jurnal Islamic Educational Mabahement, 5(2), 201-220. doi:https://doi.org/10.15575/isema.v5i2.10509

Nugroho, A. D. (2021). Pelaksanaan Blended Learning Pada Pembelajaran Bahasa Di Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Mahasiswa. Jurnal CARAKA UST, 7(2), 123-134. doi:https://doi.org/10.30738/caraka.v7i2.9872

Onde, M. K., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal tehadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4400 - 4406. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449

Panambaian, T. (2020). Penerapan Program Pengajaran dengan Model Blended Learning pasa Sekolah Dasar di Kota Rantau. Journal Analytica Islamica, 9(1), 52-68. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/8413

Procter, & Heinze. (2004). Reflections on the use of Blended Learning. Education in a Changing Environment. Retrieved from http://usir.salford.ac.uk/id/eprint/1658

Puspitasari, S. K., & Mustain. (2021). Persepsi Guru Dalam Pembelajaran Tatap Muka Di SMP Negeri 26 Surabaya. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 230-240. doi:http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.10213

Rachmadi, T., Rahayu, T. P., Waluyo, A., & Yuliyanto, W. (2021). Pemberian Vaksinasi COVID-19 Bagi Masyarakat Kelompok Petugas Pelayanan Publik di Kecamatan Buluspesantren. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 318-333. doi:https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.643

Santi, J., & Suhairini. (2021). Model Manajemen Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(4), 1976-1996. doi:http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i4.2472

Satriawan, Y. (2021, 09 25). Pro dan Kontra Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah, Terpapar COVID vs Generasi Asosial. Retrieved from voaindonesia: https://www.voaindonesia.com/a/pro-kontra-pembelajaran-tatap-muka-di-sekolah-terpapar-covid-vs-generasi-asosial/6245199.html

Sinaga, E. P. (2019). Blended Learning: Transisi Pembelajaran Konvensional Menuju Online. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (pp. 855 - 860). Medan: Universitas Negeri Medan.

Sudarsana, I Ketut., dkk. (2020). COVID-19: Perspektif Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suharman. (2005). Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 31-34.

Umara, Y., & Hasanah, M. (2019). Analisis Peran Pemerintah Daerah Menyangkut Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(2), 197-203. doi:http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8527

Usman. (2018). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1), 136-150. doi:https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626

Zuhad, A. (2021, Juni 8). Sekolah Tatap Muka Mulai Juli 2021, Presiden Jokowi Beberkan 6 Aturan Mainnya. Retrieved from kompas.tv: https://www.kompas.tv/article/181671/sekolah-tatap-muka-mulai-juli-2021-presiden-jokowi-beberkan-6-aturan-mainnya