IDENTIFIKASI KESALAHAN-KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Main Article Content

Ayu Habibah
Nandang Nandang
Sudirman Sudirman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan prosedur Newman dan faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN Balongan sebanyak 3 orang, yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kesalahan yang banyak dilakukan ialah pada tahap keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tersebut karena tidak terbiasa menyelesaikan soal dengan menggunakan prosedur Newman. Siswa kurang memahami dalam mengubah makna kata ke dalam model matematika. Siswa kurang latihan mengerjakan soal cerita.

Article Details

Section
Articles

References

Rindyana, B. S. B.& Chandra T. D. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang.

Oktaviana, D.(2017). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, vol. 5 no. 2, hal. 22-32.

Kholishoh, F. N. N., Pramudya, I.& Kurniawati, I. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Fong’s Schematic Model for Error Analysis Pada Materi Volume Prisma Dan Limas Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi, Vol. I No. 1, hal. 16-35, Januari 2017.

Nurussafa’at, F. A., Sujadi, I, &Riyadi. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Volume Prisma Dengan Fong’s Shcematic Model for Error Analysis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VIII Semester II Smp It Ibnu Abbas Klaten Tahun Ajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, vol. 4 no. 2, hal. 174-187, April 2016.

Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rahmania, L.,& Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel (Analysis of Student’s Errors In Solving Word Problems Of Linear Equations In One Variable. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 1 no. 2, hal. 165-173, September 2016.

Mulyadi, Riyadi, &Subanti, S. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, vol. 3 no. 4, hal. 370-382, Juni 2015.

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro vol. 4 no. 2, hal. 42-52.

Rahayuningsih, P.,& Qohar, A. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear DuaVariabel (SPLDV) Dan Scaffolding-Nya Berdasarkan Analisis kesalahan Newman Pada SiswaKelas VIII Smp Negeri 2 Malang. Jurnal pendidikan Matematika dan SainsTahun II, No. 2, hal. 109-116, Desember 2014.

Son, A. L., Darhim, & Fatimah, S. (2019). An Analysis to Student Error of Algebraic Problem Solving Based on Polyaand Newman Theory. Journal of Physics, 2019, (online), (https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1315/1/012069). Diakses 7 Oktober 2019.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.