Penggunaan LMS Pada Blended Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Calon Guru Matematika

Main Article Content

Rika Sukmawati
Kus Andini Purbaningrum

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan LMS pada blended learning dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis calon guru matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah metode pra–experimental design dengan one group pretest and posttest. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 1 Universitas Muhammadiyah Tangerang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Program Studi Pendidikan Matematika sebanyak 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes tulis pretes dan postes dengan pengolahan menggunakan SPSS terdiri dari pengujian deskriptif data dan pengujian persyaratan analisis data: uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-gain. hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan LMS pada blended learning meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dengan nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0.05 dengan nilai N-gain sebesar 0,76 berkategori tinggi. maka tafsiran efektifitas N-Gain sebesar 76.221 dengan tafsiran sangat efektif. Rekomendasi pada penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis mahasiswa harus lebih ditingkatkan lagi dengan menggunakan LMS sebagai calon guru matematika.

Article Details

Section
Articles

References

Akhmalia, Laily, N. (2018). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS Dengan Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Fluida Statis Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. In SKRIPSI (p. 12). FKIP Univ. Lampung.
Alshorman, B.;Bawaneh, A. (2018). Attitudes of Faculty Members and Students towards the Use of the Learning Management System in Teaching and Learning. Educational Technology, 17(3), 1– 15.
Amelia, Sindy;Sthephani, A. (2022). Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran. Penelitian Pembelajaran Matematika, 15(1).
Amer, M. E. M. (2020). The Impact of Distance Education on Learning Outcome in Computer Skills Course in Prince Sattam bin Abdulaziz University: An Experimental Study. Curriculum and Teaching, 9(4), 1–9.
Ansari, B. I. (2012). Komunikasi matematika dan politik suatu perbandingan: konsep dan aplikasi. Yayasan PeNA.
Astuti, A. & L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif, 2(2), 102–110.
Budiharti, R., Ekawati, E.Y., Pujayanto., Wahyuningsih, D., & Adilah, D. . (2015). Kajian Kualitatif Efektifitas Blended Learning IPA Terpadu Berbasis SETS di SMP Wilayah Eks Keresidenan Surakarta. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 35–41.
Chambers, M. (1999). The Efficacy And Ethics Of Using Digital Multimedia For Educational Purposes. In A. Tait & R. Mills (Eds.) (The conver). Routledge.
Dabbagh, N., Bass, R., Bishop, M., Picciano, A., Sparrow, J., Costelloe, S., Cummings, K., Freeman, B., Frye, M., Porowski, A., & Wilson, S. (2019). Using Technology to Support Postsecondary Student Learning: A Practice Guide for College and University Administrators, Advisors, and Faculty. Institute of Education Sciences.
Fitriani, & Nurjannah. (2019). Peranan E-Learning dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 105–106. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/pedamath/article/view/371
Hadi. S. (2017). Pendidikan matematika realistik: teori, pengembangan, dan implementasinya. PT Raja Grafindo Persada.
Hambali, M. (2020). Model Pembelajaran Blended Learning Yang Bermutu Pada Mahasiswa. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 168–181.
Kismanto, K., & Nurhanurawati, N. (2022). Kemandirian Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Daring Berbantuan LMS Google Classroom. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5397–5404. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1188
Munir. (2013). Penggunaan Learning Management System (LMS) Di Perguruan Tinggi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Murtafiah, W. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengembangkan Perangkat Pembelajaran mahasiswa Calon Guru Matematika pada Mata Kuliah Microteaching Melalui Lesson Study. Edukasi, 2(1).
Nurlela, A., Ramdhani, S., & Muhammad, G.M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Self-efficacy dengan Model Pembelajaran Berbasis E-learning Berbantuan Microsoft Kaizala. 3(2). 166-173.
Permana, P. (2013). Efektivitas Penerapan Learning Management System (LMS) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Bahasa Jerman. Allemania, 2(2), 136–151. http://lms.upi.edu
Saifan, S. A. (2015). Mahasiswa (Calon) Guru Matematika yang Profesional. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.
Sam, N. E., & Idrus, R. (2021). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Learning Management System (LMS) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 4271–4280. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1503
Saragih, S. (2007). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Matematika Realistik. In Disertasi.
Setiyani, S. (2019). Blended Learning: the Effectiveness of Schoology Based E-Learning on Mathematic Communication Ability. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(2), 143–155. https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.23820
Syarif, I. (2012). Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Pendidikan Fisika, 2(2), 234–249.
Tanjung, Saputra, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Maju, 4(2), 42–54.