Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di SMA Negeri 6 Kepahiang

Main Article Content

Ririn Astria
Saleh Haji
Hari Sumardi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasi Exsperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Analisis data menggunakan uji Ancova. Sampel penelitian terdiri dari siswa SMA Negeri 6 Kepahiang kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kovariat kemampuan awal memiliki pengaruh yang linier terhadap kemampuan literasi matematis siswa sebesar 10,6%, (2) Terdapat pengaruh model penbelajaran berbasis proyek (PJBL) terhadap kemampuan literasi matematis sebesar 52,6%. (3) Ada pencapaian kemampuan literasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kepahiang yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) lebih tinggi dibandingkan kelas diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Article Details

Section
Articles

References

Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaryas.
Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis Pada Pembelajaran Matematika Abad-21. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19603
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597/9507
Fatwa, V. ., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398.
Hidayat, Y. ., & Wijayanti, P. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Ditinjau Dari Perbedaan Kecerdasan Visual-Spasial. MATHEdunesa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 12(1), 38–49. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/50460
Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019). Pengaruh self efficacy terhadap kemampuan literasi matematika dan pembentukan kemampuan 4C. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29307
Isro’atun, & Rosmala, A. (2019). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : Bumi Aksara.
Kabud, T.E., Taneo, P.N.L., & Abi, A.M. (2021). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Etnomatematika dengan Model PjBL Pada Materi Bangun Ruang Prisma. Range: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2). 84-88
Lestari, K. ., & Yudhanegara, M. . (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n3_13
Nilasari, N. ., & Anggreini, D. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Elemen, 5(2), 206–219. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1342
Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/950/883
Sari, R. H. . (2015). Literasi Matematika : Apa , Mengapa dan Bagaimana ? Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 713–720. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf
Surat, I. M. (2018). Peranan model pembelajaran berbasis etnomatematika sebagai inovasi pembelajaran dalam meningkatkan literasi matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(2), 143–154. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/111/97
Suryapuspitarini, B. K., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Analisis soal-soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada kurikulum 2013 untuk mendukung kemampuan literasi siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393/9685
Ulya, S. F., & Wardono, W. (2019). Upaya Pengembangan untuk Capaian Literasi Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 589–596. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29070