Dampak Self-regulation dan Self-efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Main Article Content

Bedilius Gunur
Apolonia Hendrice Ramda
Gabariela Purnama Ningsi
Kristianus Viktor Pantaleon
Lana Sugiarti

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat penting bagi siswa untuk dapat mengungkapkan ide atau pemikirannya terhadap masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dengan self-regulation dan self-efficacy siswa tersebut. Populasinya adalah 120 siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 60 siswa di SMP Fransiskus Xaverius Ruteng.  Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan angket untuk mengukur self-regulation dan self-efficacy siswa. Ketiga instrumen tersebut sebelumnya telah dibuktikan validitas dengan uji Pearson Product Moment dan reliabilitasnya dengan uji Alpha Cronbach. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self-regulation dan self-efficacy secara simultan memiliki hubungan yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis menunjukkan bahwa secara simultan kontribusi self-regulation dan self-efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar 24,6016% sedangkan sisanya sebesar 75,3984% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Nilai signifikansi antara self-regulation dan self-efficacy secara simultan pada kemampuan komunikasi matematis adalah 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara self-regulation dan self-efficacy secara simultan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini menyimpulkan bahwa siswa yang memiliki self-regulation dan/atau self-efficacy yang baik akan berdampak positif pada kemampuan komunikasi matematisnya.

Article Details

Section
Articles

References

Darmayanti, K. K. H., Anggraini, E., Winata, E. Y., & Mardianto, M. F. F. (2021). Confirmatory Factor Analysis of the Academic Self-Efficacy Scale : An Indonesian Version. JurnalPengukuran Psikologi Dan Penelitian Indonesia, 10(2), 118–132.
Eva, L. (2010). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar : Jurnal Psikologi, 37(1), 110–129.
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033
Herges, R., Duffield, S., Martin, W., & Wageman, J. (2017). Motivation and Achievement of Middle School Mathematics Students. Mathematics Educator, 26(1), 83–106.
Mukhid, A. (2008). Self-regulated learning. Tadris, 3(8), 222–239.
Novferma, N. (2016). Analisis kesulitan dan self-efficacy siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika berbentuk soal cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76–87. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403
Novrianto, R., Marettih, anggia K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas Konstruk Instrumen General Self-efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1), 1–9.
Nurlaela, A., Ramdhani, S., & Muhammad, G. M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dan Self-efficacy Dengan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan Microsoft Kaizala. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–173. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i2.1391
OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA). In PISA 2018. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69
Rahmi, S., Nadia, R., Hasibah, B., & Hidayat, W. (2017). the Relation Between Self-Efficacy Toward Math With the Math Communication Competence. Infinity Journal, 6(2), 177. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p177-182
Rapsanjani, D. M., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender Siswa. Plusminus, 1(3), 481–492. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.79
Safitri, M., & Farihah, U. (2019). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Statistika Berdasarkan Gaya Belajar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 179. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3506
Salsinha, C., Bete, H., & E Binsasi. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Dimoderasi oleh Self-efficacy (Studi Kasus Pada SMA Kristen Petra Kefamenanu). Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 100–113. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/17685
Sulastri, E., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 289–302. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1875
Toering, T., Elferink-Gemser, M. T., Jonker, L., Hauvelen, M. J. g. van, & Visscher, C. (2012). International Journal of Sport and Measuring self-regulation in a learning context : Reliability and validity of the Self-Regulation of Learning Self-Report Scale ( SRL-SRS ). International Journal of Sport and Exercise Psychology, 1(January), 1–15. https://doi.org/10.1080/1612197X.2012.645132
Wardani, K. K., Prahmana, R. C. P., & Suparman. (2018). The Student Worksheet of Mathematical Communication with Guided Inquiry. IJESSR, 1(03), 220–225.
Zakaria, M. Y., Malmia, W., Irmawati, A., Amir, N. F., & Umanailo, M. C. B. (2019). Effect Mathematics Learning Achievement Motivation On Junior High School Students 1 Namlea. October.