Studi Literatur : Jenis-jenis Berpikir dalam Pemecahan Masalah Matematika

Main Article Content

Windi Setiawan
Ahmad Hatip
Ahmad Gozali

Abstract

Banyaknya penelitian terkait psikologi kognitif membuat peneliti tertarik mengkaji lebih jauh tentang berpikir dan jenis-jenis berpikir. Terutama dalam pendidikan matematika, banyak sekali penelitian terkait proses berpikir dalam pemecahan masalah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pengetahuan bagi para peneliti yang tertarik dalam psikologi kognitif seperti proses berpikir. Jenis penelitian ini merupakan penelitian literature study (study literature). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa hasil-hasil penelitian dari jurnal ilimiah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa jenis berpikir yang dikaji yaitu berpikir kritis, berpikir kreatif, berpikir lateral, berpikir divergen, dan berpikir konvergen.

Article Details

Section
Articles

References

Ahzan, S., & Gummah, S. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Antara Gaya Berpikir Divergen Dan Konvergen Mata Kuliah Gelombang Mahasiswa Pendidikan Fisika. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 2(1), 143. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v2i1.294
Amalia, R. (2017). Kemampuan Berpikir Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v4i2.2568
Amalia, Z., & Sholihah, U. (2021). Kemampuan Berpikir Lateral Dalam Memecahkan Masalah Bangun Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya, 191–201.
Anwar, M., & Puspita, V. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD IT Adzkia Seminar Nasioanal PGSD UNIKAMA. Seminar Nasional “Pembelajaran Literasi Lintas Disiplin Ilmu Ke-SD-an” 186, November, 186–199. https://www.researchgate.net/publication/329164521
Atabaki, A. M. S., Keshtiaray, N., & Yarmohammadian, M. H. (2015). Scrutiny of critical thinking concept. International Education Studies, 8(3), 93–102. https://doi.org/10.5539/ies.v8n3p93
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574
Dewantari, J., Rusnayati, H., & Suwarma, I. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika Ix 2023, 2018, 1–6. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf
Handayani, W., & Kurniasari, I. (2018). Identifikasi Proses Berpikir Sisiwa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Linear SatuVariabelDitinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 372–379. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429
Hariyono, I., & Susanah, S. (2021). Profil Berpikir Divergen Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Open-ended ditinjau dari Gaya Belajar Global-Analitik. MATHEdunesa, 10(2), 289–300. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n2.p289-300
Hatimah, H., Asmawati, Maeni, Khery, Y., & Khaeruman. (2021). Pengaruh Model Problem Posing dengan Context-Rich Problem terhadap Kemampuan Berpikir Divergen dan Konvergen Siswa The Effect of Problem Posing Model with Context-Rich Problem toward Student s ’ Divergent and Convergent Thinking Ability. Empiricism Journal, 2(2), 53–62.
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 19.
Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. In Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit.
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 112.
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4812
Maulidya, A. (2018). Anita Maulidya : Berpikir dan Problem Solving. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 11–29. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1381
Mentari, N., Pamungkas, A. S., & Nindiasari, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 69. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.209
Mustofa, R. F., & Hidayah, Y. R. (2020). The effect of problem-based learning on lateral thinking skills. International Journal of Instruction, 13(1), 463–474. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13130a
Nggaba, M. E., Herman, T., & Prabawanto, S. (2018). Students’ Lateral Mathematical Thinking Ability on Trigonometric Problems. International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia (ICMScE), 3(May), 756–762. http://science.conference.upi.edu/proceeding/index.php/ICMScE/article/view/111
Nu’man, M. (2020). Eksplorasi berpikir kreatif melalui discovery learning Bruner. Humanika, 20(1), 13–30. https://doi.org/10.21831/hum.v20i1.29265
Pratama, S. A. Y., Zuhri, M. S., & Nursyahidah, F. (2020). Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 339–346. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6482
Purbaningrum, K. A. (2017a). Berpikir Tingkat Rendah Menuju Berpikir Tingkat Tinggi. Prima: Jurnal Program Studi Pendidikan Dan Penelitian Matematika, 6(1), 61–76.
Purbaningrum, K. A. (2017b). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40–49. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029
Purnomo, R. J., Widodo, S. A., & Setiana, D. S. (2020). Profil Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematis Berdasarkan Model Polya. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.32938/jpm.v1i2.367
Purwanto, W. R., Sukestiyano, Y., & Junaedi, I. (2019). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perspektif Gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 895–900. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/390/287
Putrian, A. A., & Kurniasari, I. (2022). Kemampuan Berpikir Lateral Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Gaya Belajar Sensing Dan Intuition. MATHEdunesa, 11(2), 513–524. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p513-524
Rauf, J., Halim, S. N. H., & Mahmud, R. S. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Divergen dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.29303/jm.v2i1.1776
Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren Immim Putri Minasatene Relationship of Initial Capacity Critical Thinking Ability in Mathematics Class Vii Smp Boarding Immim Putri Minasatene. Jurnal “Musharafa,” 6(1), 2086–4280.
Rosalina, T. (2018). Studi Lintas Budaya : Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Rusia dan Indonesia. Jurnal Psikologi, 2(2), 22–30.
Rosyid, M. Z., & Thoha, M. (2018). Model Berpikir Kovergen Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pengukuran Waktu. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 291–300. https://www.google.co.id/search?
Sari, A., & Wulandari, D. (2022). Profil kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif A . Pendahuluan Matematika adalah mata pelajaran wajib yang harus dipelajari sejak pendidikan dasar hingga pada jenjang pendidikan tinggi . Pembelajaran. Jurnal Aksioma, 13(2), 293–300.
Sari, I., Zuhri, M. S., & Rubowo, M. R. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi SPLTV Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 391–400. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6548
Silvatama, M. A., Yustika, U. N., Nuriah, D., & Wahyuni, I. (2023). Indonesian Journal of Science , Technology and Humanities Analisis Kemampuan Berpikir Lateral Siswa Berdasarkan Adversity Quotient ( AQ ) dalam Pemecahan. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 1(1), 1–12.
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56–62. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338
Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, X(1), 1–9.
Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 11–26.
Srikongchan, W., Kaewkuekool, S., & Mejaleurn, S. (2021). Backward Instructional Design based Learning Activities to Developing Students’ Creative Thinking with Lateral Thinking Technique. International Journal of Instruction, 14(2), 233–252. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14214a
Tosuncuoglu, I. (2018). Place of critical thinking in EFL. International Journal of Higher Education, 7(4), 26–32. https://doi.org/10.5430/ijhe.v7n4p26