Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Berbasis Aplikasi Game bagi Guru Bahasa Jawa di Magetan

  • pradnya paramita hapsari univet bantara
  • Agus Efendi Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • R Adi Deswijaya Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Harsono Harsono Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Tri Widiatmi Universitas Veteran Bangun Nusantara

Abstract

Guru diharapkan dapat menggunakan alat yang murah dan efisien meski hanya berupa sesuatu yang sederhana guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Selain guru dituntut dapat menggunakan alat yang tersedia di sekolahan, guru juga mendapat tuntutan untuk mengembangkan media pembelajaran. Bahkan jika media pembelajarannya belum tersedia, guru dituntut untuk dapat membuat terlebih dahulu. Berlatarbelakang permasalahan tersebut, maka tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu para guru bahasa Jawa di Magetan Jawa Timur dapat memiliki bahan media pembelajaran wayang berbasis aplikasi game untuk disosialisasikan kepada siswa. Sasaran dalam pengabdian ini adalah para guru bahasa Jawa di Magetan Jawa Timur. Atas dasar berbagai kendala yang dialami para guru bahasa Jawa, tim pengabdian menggunakan metode atau cara dalam memecahkan permasalah dalam bentuk pelatihan pengembangan media wayang berbasis aplikasi game yang mana para guru tersebut sangat antusias sekali dalam pengabdian ini. Pelatihan pengembangan media wayang berbasis game menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab juga praktik bersama guna memudahkan para guru dalam memahami apa yang disampaikan oleh para pengabdi. Kegiatan pelatihan ini diapresiasi sekali oleh para guru yang mayoritas memang kurang memahami media pembelajaran berbasis aplikasi game. Melalui pelatihan ini, para peserta menjadi mudah memahami mengenai media pembelajaran berbasis aplikasi game yang dapat digunakan untuk pembelajaran baik didalam maupun diluar kelas.

References

Ariyana, Renna Yanwastika dan Kumalasanti, Rosalia Arum dan Muhamad. Mansyur (2020). Pengembangan Puzzle Game Wayang Punakawan Sebagai Media Pengenalan Seni dan Budaya pada Anak. Jurnal Teknologi (JURTEK), 13 (1). pp. 53-62. ISSN 2338-6711

D. M. Teddy Dwistyawan, T. Arie Setiawan. 2017. Pengenalan Tokoh Wayang dalam Cerita Ramayana dengan Menggunakan Media Board Game untuk Masyarakat. DOI: https://doi.org/10.9744/nirmana.17.2.102-109 Vol 17 No 2 (2017): JULY 2017

Dwi Hartanti. 2019. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631 vol. 1 no.1 (2019).

Gagne, R.M. (Ed.) 1987. Instructional Technology: Foundations. Hillsdale: Lawrence Erlmaum Associates, Publishers

Husen, Nofa Kharisma, and Etika Kartikadarma. "Media Pembelajaran Pengenalan Keluarga Pandawa untuk Melestarikan Kebudayaan Lokal Indonesia." Jurnal Fakultas Ilmu Komputer (2015): 1-9.

Latuheru, J.D. 1993. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Kini. Ujung Pandang: Penerbit IKIP Ujung Pandang

Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Reni Widyastuti & Listia Sari Puspita (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi pada Matpel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. Paradigma – Jurnal Informatika dan Komputer Vol. 22 No.1, Maret 2020. https://doi.org/10.31294/p.v21i2.

Sele, Y., Saridewi, M., & Kamaluddin, K. (2022). Pengenalan Aplikasi Screencast O Matic Untuk Pembuatan Media Pembelajaran Di SMP Negeri Neonbat. Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora, 1(1), 25-33. https://doi.org/10.32938/jpkm.1.1.2022.25-33.

Teni Nurrita. Peningkatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, Volume 03, Nomor 01, Juni 2018.

Published
2022-10-21
How to Cite
hapsari, pradnya, Efendi, A., Deswijaya, R., Harsono, H., & Widiatmi, T. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Berbasis Aplikasi Game bagi Guru Bahasa Jawa di Magetan. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 1(2), 50-57. https://doi.org/10.32938/jpsh.1.2.2022.50-57
Section
Articles