Stimulasi Minat Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Storytelling
DOI:
https://doi.org/10.32938/jpsh.2.1.2023.24-33Keywords:
Storytelling; Minat membacaAbstract
Salah satu potensi yang penting untuk dikembangkan dalam pertumbuhan kemampuan dasar pada anak usia dini adalah kemampuan membaca. Mendongeng merupakan bagian dari masa kecil setiap orang dan merupakan salah satu bentuk pengajaran paling tua yang masih dilakukan orangtua baik di saat senggang maupun secara terjadwal sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan minat membaca pada anak. Seiring pesatnya perkembangan teknologi yang semakin canggih, serta berkembangnya berbagai metode pembelajaran, secara signifikan tidak serta merta berpengaruh terhadap minat membaca peserta didik. Pada era digital yang semakin modern, kegiatan membaca buku merupakan sesuatu yang jarang dilakukan oleh pererta didik karena mereka lebih menyukai bermain gadget. Berdasar permasalahan tersebut, tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu menstimulasi minat membaca peserta didik dengan menggunakan metode storytelling. Hasil kegiatan pengabdian dapat digambarkan bahwa peserta didik pada PAUD “Cinta Hari Esok” Lapeom terlihat semakin antusias ketika dibacakan cerita dongeng.