Penerapan “Puzzle Rumah Penjumlahan” untuk Menunjang Konsep Matematika Dasar bagi Murid Slow Learner di Sekolah Dasar

  • Yohanis Ndapa Deda Universitas Timor
  • Hermina Disnawati Pendidikan Matematika Universitas Timor
  • Maria Biamsasi Sekolah Dasar Negeri Maubeli, Kabupaten TTU
  • Heldigardis Kolo Sekolah Dasar Negeri Maubeli, Kabupaten TTU
  • Merlina Sopbaba Pendidikan Matematika Universitas Timor
  • Anastasia N. Ernesta Manbait Pendidikan Matematika Universitas Timor
Keywords: Puzzle Rumah Penjumlahan, Konsep Matematika Dasar, Murid Slow Learner, Sekolah Dasar

Abstract

The purpose of community service activities (PkM) is to strengthen the basic mathematical concepts of slow-learner students in elementary schools. The method used is a workshop in the form of mentoring. The stages of implementing this community service activity start from planning, implementing, monitoring and evaluating. The partners in this PkM activity were students at SDN Maubeli, Maubeli Village, Kefamenanu City District, North Central Timor Regency. The number of students involved was 15 people consisting of 9 female students and six male students with ages from 8 years to 10 years. There was an increase in basic math skills from the initial test of 18.44 to 50.77 on the final test. The result of this dedication shows that Puzzle Rumah Penjumlahan can be an alternative to help students learn basic mathematics. We recommend that there be research or community service that targets students who are slow in learning mathematics and students who have difficulty or are unable to learn mathematics since elementary school.

References

Amsikan, Stanislaus, and Yohanis Ndapa Deda. 2018. “Memanfaatkan Potensi Lokal Kefamenanu Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru SMP.” Bakti Cendana 1(1):32–40. doi: 10.32938/bc.v1i1.17.

Amsikan, Stanislaus, and Yohanis Ndapa Deda. 2020. “Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Motif Kain Tenun Insana Strengthening of Character Education in Mathematics Learning Using Insana Motif of Woven Fabric 1).” Jppm 4(1):25–30.

Deda, Yohanis Ndapa, and Hermina Disnawati. 2020. “Workshop Media Alat Peraga Matematika ‘Luas Bangun Datar’ Untuk Meningkatkan Kreatifitas Guru Dan Siswa Sekolah Dasar.” ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian) 8(1):5184. doi: 10.29313/ethos.v8i1.5184.

Deda, Yohanis Ndapa, Hermina Disnawati, and Ando Missa. 2022. “Penggunaan Alat Peraga Matematika ‘Kubus-Kubus Satuan’ Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Sekolah Dasar.” Bakti Cendana 5(1):33–39. doi: 10.32938/bc.5.1.2022.33-38.

Deda, Yohanis Ndapa, Hermina Disnawati, and Delti Yulita. 2022. “Pendampingan Anak Sekolah Minggu Melalui Bimbingan Belajar GASING Untuk Mengatasi Learning Loss Akibat Pandemi Covid-19.” Bakti Cendana 05(2):51–57.

Disnawati, Hermina, and Farly Oktriany Haning. 2019. “Workshop Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sampah Dan Barang Bekas Bagi Guru MIN TTU.” Bakti Cendana 2(2):38–44. doi: 10.32938/bc.v2i2.280.

Hapsari, R. K. 2015. “Peningkatan Kemampuan Operasi Dasar Perkalian Dengan Penerapan Perangkat Lunak Permainan ‘Rumah Perkalian.’” Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 361–66.

Hapsari, Rinci Kembang, and Sugiyanto. 2015. “Rancang Bangun Game Rumah Penjumlahan Dan Rumah Perkalian Untuk Meningkatkan Ketrampilan Operasi Dasar Matematika Siswa SD.” Pp. 47–51 in Prosiding Seminar teknologiterapan SV UGM. Yogyakarta.

Kleden, M. A., A. Atti, and M. Lobo. 2021. “Pembuatan Dan Pendampingan Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar.” Jurnal TEKMAS 1(1):10–19.

Liza Reafani, Sevira. n.d. “Media Puzzle Kartu Angka Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan Bagi Anak Diskalkulia.” doi: 10.24036/jpkk.v1i1.93.

Rahmadhani, Elfi, Septia Wahyuni, and Lola Mandasari. 2021. “Pendampingan Pembuatan Alat Peraga Dan Permainan Matematika Dari Barang Bekas Untuk Menciptakan Matematika Yang Menyenangkan Bagi Siswa.” Jurnal Abdidas 2(2):168–75. doi: 10.31004/abdidas.v2i2.244.

Sukayati, and Agus Suharjana. 2009. “Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam Pembelajaran Di SD.” Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan 94.

Venni Herli Sundi, Herwina Bahar, Rina Irrawati. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Puzzle Rumah Perkalian Di Kelas II Sekolah Dasar.” Jurnal Perseda 3(2):54–62.

Widiantari, Ni Kadek Kasi, I. Nengah Suparta, and Sariyasa Sariyasa. 2022. “Meningkatkan Literasi Numerasi Dan Pendidikan Karakter Dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika Di Era Pandemi COVID-19.” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 10(2). doi: 10.25273/jipm.v10i2.10218.

Wulandrio, R., and I. Rahmawati. 2018. “Penggunaan Media Rumah Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Sd Laboratorium Unesa.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6(4):254978.

Published
2023-10-31
How to Cite
Deda, Y., Disnawati, H., Biamsasi, M., Kolo, H., Sopbaba, M., & Manbait, A. (2023). Penerapan “Puzzle Rumah Penjumlahan” untuk Menunjang Konsep Matematika Dasar bagi Murid Slow Learner di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 2(2), 86-95. https://doi.org/10.32938/jpsh.2.2.2023.86-95
Section
Articles