Aman Calistung sebagai Media Belajar Membaca dan Berhitung Anak-anak di Desa Babulu Selatan, Malaka

  • Oligarus Cardo Universitas Katolik Widya Mandira
  • Theodosia Adriani Oes Universitas Katolik Widya Mandira
  • Joaninha Terlita De Fatima Ta’u Universitas Katolik Widya Mandira
  • Phelipus Archidion Umbu Gaba Universitas Katolik Widya Mandira
  • Ana Odilia Mea Universitas Katolik Widya Mandira
  • Febryanti Atamani Universitas Katolik Widya Mandira
  • Alfonsius Afong Manek Universitas Katolik Widya Mandira
  • Diana A Nuban Universitas Katolik Widya Mandira
  • Aldian Imanuel Finmeta Universitas Katolik Widya Mandira
  • Elias Ronaldo Mawar Universitas Katolik Widya Mandira
  • Weldiardus Kolo Universitas Katolik Widya Mandira
  • Febiyanti Bere Loe Universitas Katolik Widya Mandira
  • Yohanes Rinaldy Bau Universitas Katolik Widya Mandira
  • Aprilyane Hartini Dale Universitas Katolik Widya Mandira
  • Meylisa Yuliastuti Sahan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Keywords: Pelatihan, Aman Calistung, Babulu Selatan

Abstract

Dalam upaya menjalankan tri dharma perguruan tinggi, Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik – Pengabdian pada Masyarakat (KKNT-PPM) di setiap desa di seluruh wilayah Provinsi Nusa Tenggaran Timur (NTT). Salah satu lokasi KKN PPM pada tahun 2023 ialah Desa Babulu Selatan, Kabupaten Malaka. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa dan mahasisiwi pengalaman belajar secara nyata dengan masyarakat, bersentuhan langsung dengan masalah mereka dan memecahkannya. Salah satu masalah yang dihadapi masyarakat ialah masih ada anak-anak usia sekolah dasar yang belum memiliki kemampuan membaca, menulis dan berhitung dengan baik. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, mahasiswa melakukan pelatihan Calistung setiap dua kali seminggu dan menyelenggarakan lomba. Untuk menganalisis penampilan peserta, mahasiswa menyiapkan rubrik penilaian membaca, menulis dan berhitung. Sedangkan untuk mengetahui persepsi mereka terhadap pelatihan tersebut, mahasiswa menyebarluaskan angket. Data penampilan peserta lomba dianalisis dengan menggunakan skala skor yang terentang dari 0-100, sedangkan data persepsi dihitung dari jumlah jawaban positif dibagi jumlah peserta pelatihan dikali 100%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan peserta lomba dikategorikan baik sekali. Hasil ini ternyata sejalan dengan hasil analisis persepsi bahwa mereka sangat senang dngan pelatihan tersebut. Hasil ini mengindikasikan bahwa Calistung perlu diterapkan secara sistematis di tingkat pendidikan SD.

References

Anggraeni, Wulanjani dan Wahyu. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education .

CNN Indonesia, C. (2021, November 21). Retrieved September 30, 2023, from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211117112510-282-722316/mengenal-arti-calistung-dan-tips-mengajarkannya-pada-anak

Dale, O. F. (2023). Penguatan Belajar Dasar melalui Gebyar Aman Calistung Selama KKNT-PPM Terhadap Murid SD Kecamatan Nangaroro Kabupaten Nagekeo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat .

Dewi Anzelina, K. S. (2023). Pendampingan Program Calistung Pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Sigaol Marbun . International Journal for Educational and Community Service , 2-3.

Dewi N. Fithriyah, S. N. (2022). Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik . Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) , 173-180.

eran, K. B. (2022). Pendampingan Kegiatan Aman Calistung Di Sd Gmit Oeltua. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Indonesia , 4.

Istiyani, D. (2014). Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (CALISTUNG) Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat , 17.

Nusantara, A. B. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Calistung pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. J PGSD , 1903.

Permata, L. R. (2022). Application of Financial Literature through the Love of Saving Early at Elementary School, Oenesu Village. Asian Journal of Community Services , 83-90.

Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini . Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education , 62.

Santaria, M. d. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran .

Sukaris, A. R. (2023). Implementasi Program Kerja Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak-anak Desa Kedungrukem. Journal of Community Service , 141.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi dan Sains .

Utari, R. (2022, October 6). Retrieved September 30, 2023, from SehatQ: https://www.sehatq.com/artikel/calistung-adalah

Zulfa Fahmi, A. P. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Sastra Indonesia .

Published
2024-04-26
How to Cite
Cardo, O., Oes, T., Ta’u, J., Gaba, P., Mea, A., Atamani, F., Manek, A., Nuban, D., Finmeta, A., Mawar, E., Kolo, W., Loe, F., Bau, Y., Dale, A., & Sahan, M. (2024). Aman Calistung sebagai Media Belajar Membaca dan Berhitung Anak-anak di Desa Babulu Selatan, Malaka. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.32938/jpsh.3.1.2024.1-11

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.