Paradigma Sekolah Entrepreneur dalam Wacana Lacan

  • Eventus Ombri Kaho Universitas Sanata Dharma

Abstract

Dunia pendidikan tidak dapat mengelak dari kapitalisme. Kapitalisme kian merongrong dunia pendidikan dalam segala aspek. Salah satu bentuk yang paling konkret ialah bagaimana ia dapat memengaruhi visi dan misi pendidikan. Berbagai upaya dilakukan oleh institusi pendidikan untuk dapat eksis. Di satu sisi memang memunculkan berbagai macam kritik, namun di sisi lain menimbulkan sebuah pengakuan atas ketidak-berdayaan. Harus diakui bahwa kapitalisme dan pendidikan adalah dua hal yang tidak begitu mudah untuk dipisahkan. Fenomena inilah yang kemudian ditanggapi dengan semangat entrepreneur. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini ialah autoetnografi. Sumber data yang penulis gunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh melalui pengalaman penulis sendiri dan wawancara mendalam dengan beberapa guru. Sedangkan data sekunder berupa teks, sumber bacaan, dan beberapa aturan perundang-undangan. Teori yang digunakan untuk menganalisis fenomena tersebut ialah teori empat wacana dari Lacan, khususnya wacana tuan. Tanggapan dari dunia pendidikan atas perubahan zaman ialah dengan menawarkan semangat entrepreneur. Harapannya dengan menerapkan semangat ini, sekolah-sekolah entrepreneur dapat beradaptasi atau dalam bahasa bisnis dapat melahirkan budaya kerja yang memiliki daya saing (kopetitif).

References

Batlayeri, W. (2016). Imagi Seorang Intelektual Represif: Membaca Gagasan Drijarkara mengenai Pendidikan. In Ilmu Humaniora Baru | (Vol. 4, Issue 1).

Dwi, S. W. P., Norashidah, B. H., & Rosna Bt. Awang Hashim. (2018). Practicing Entrepreneurial Learning as Learning Method at Middle School Students. Practicing Entrepreneurial Learning as Learning Method at Middle School Students / JEE, 7(1), 27–42.

Dwiatmoko, I. A. (2022). Implementasi Nilai-nilai SERVIAM di Sekolah-sekolah Yayasan Pendidikan Ursulin di Seluruh Indonesia : Sebuah Evaluasi Eksploratif Statistis. Fakultas Sains dan Teknologi.

Foucault, M. (1975). Surveiller et Punir. Gallimard.

Hasanah. (2015). Entrepreneurship: Membangun Jiwa Entrepreneur Anak Melalui Pendidikan Kejuruan (Syahrul, Ed.; 1st ed.). CV. Misvel Aini Jaya.

Herbert, A. (2010). The Pedagogy of Creativity. Routledge.

Lacan, J. (1969). The Seminar, Book XVII, The Other Side of Psychoanalysis. In R. Grigg (Ed.), Book XVII: Vol. XVII. Norton.

Liguori, E., & Winkler, C. (2020). From Offline to Online: Challenges and Opportunities for Entrepreneurship Education Following the COVID-19 Pandemic. In Entrepreneurship Education and Pedagogy (Vol. 3, Issue 4, pp. 346–351). SAGE Publications Inc. https://doi.org/10.1177/2515127420916738

Malecki, E. J. (2018). Entrepreneurship and Entrepreneurial Ecosystems. Geography Compass, 12(3). https://doi.org/10.1111/gec3.12359

Martono, N. (2018). Sosiologi Pendidikan Michel Foucault: Pengetahuan, Kekuasaan, Disiplin, Hukuman, dan Seksualitas. Rajawali Pers.

Middleton, S. (1998). Disciplining Sexuality: Foucault, Life History, and Education. Teachers Collage.

Supraktiknya, A. (2023). Sumbangan Psikologi Dalam Pendidikan. Sanata Dharma University Press.

Tim Pusat Yayasan Pendidikan Ursulin. (2022). Seri Buku Pendidikan Ursulin Indonesia Buku 2: Nilai-Nilai Dasar Pendidikan Ursulin & Pastoral Sekolah.

Tuba, E., & Ali, M. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Serviam di Sekolah Ursulin Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 15(1), 74–83. https://doi.org/10.36928/jpkm.v15i1.1692

Zwart, H. (2022). Lacan’s Dialectics of Knowledge Production: The Four Discourses as a Detour to Hegel. Foundations of Science, 27(4), 1347–1370. https://doi.org/10.1007/s10699-022-09832-6

Published
2024-05-14
How to Cite
Kaho, E. (2024). Paradigma Sekolah Entrepreneur dalam Wacana Lacan. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 3(1), 12-24. https://doi.org/10.32938/jpsh.3.1.2024.12-24

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.