Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Mahasiswa Di Kabupaten Indramayu
Abstract
Publikasi ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat menandakan bahwa pendidikan tinggi memiliki konsen yang serius dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, penulis memandang perlu dilaksanakannya pelatihan peningkatan kapasitas keterampilan penulisan artikel ilmiah untuk sasaran publikasi di jurnal pengabdian kepada masyarakat. Upaya peningkatan kapasitas keterampilan mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah jurnal pengabdian kepada masyarakat Pengabdian dilakukan di Universitas Wiralodra Indramayu, dengan peserta pengabdian adalah 10 mahasiswa program studi pendidikan matematika yang mengontrak mata kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN), pada 30 Maret 2023. Tahapan kegiatan pelatihan dilakukukan 1: Pengenalan apa itu artikel ilmiah pengabdian kepada masyarakat; 2: Mengapa menulis artikel hasil pengabdian kepada masyarakat itu penting; 3: Sistematika artikel hasil pengabdian kepada masyarakat; 4: Praktik memanfaatkan google dalam mencari jurnal tempat publikasi artikel pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dengan teknik ceramah, tanya jawab, dan simulasi agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dan mendapat pengayaan dari tim pengabdian. Melalui kegiatan pengabdian ini berdampak pada peningkatan motivasi dan kemampuan mahasiswa dalam kemampuannya dalam menulis artike ilmiah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Seluruh peserta pelatihan memiliki pandangan positif terhadap pelatihan menulis artike ilmiah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan memandang tingkat kebermanfaatan pelatihan pada tingkat bermanfaat dan sangat bermanfaat.
References
Arieska, P. K., Mufarrikoh, Z., & Susanto, A. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Powerpoint bagi Yayasan ITTAQU Surabaya. Unusa, 1(1), 3–5.
A, Dian Na’imatul F., Ita Ambarwati, and Fitria Rahmawati. (2002). Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers. Pp. 218–26 in Peningkatan Kegemaran Menulis Karya Ilmiah Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Vol. 1.
Darmanto, Haryadi, W., Negara, K. M. T., & Sakti, M. A. P. (2022). Pelatihan penulisan jurnal internasional bereputasi bagi dosen universitas samawa. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 5(1), 14–19.
Fauziah, N. F., & Retnoningsih, E. (2020). Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Web. Information Management for Educators and Professionals, 4(2), 183–192.
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika : Kajian Kualiatatif Deskriptif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 45–51.
Irvani, A. I., Warliani, R., Amarulloh, R. R., Garut, U., Pembelajaran, M., & Pendahuluan, I. (2020). Pelatihan pemanfaatan teknologi informasi komunikasi sebagai media pembelajaran. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 35–41.
Ismail, Ismail, and Elihami Elihami. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment 1(1):12–20
Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif ? ( Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136–142.
Nabila, H., & Sulistiyaningsih, D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Microsoft Teams Kelas XI SMA NEGERI 9 Semarang. In Edusainstech, Prosiding Seminar, FMIPA UNIKUS 2020 (pp. 62–71).
Nugrohoadhi, Agung. (2017). Pemanfaatan Publikasi Ilmiah Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pustakaloka 9(2):266–82. doi: 10.21154/pustakaloka.v9i2.1087.
Nur’aeni, Mintarsih, M., Kulsum, E. M., Fikra, H., & Fitriani. (2022). Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Universitas Ma’soem. In The 3rd Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (Vol. 9, pp. 180–192).
Nurhidayati, Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint dan Pemanfaatan Aplikasi Android untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184.
Setiawan, B., & Purnomo, E. (2016). Pelatihan Media Pembelajaran Multimedia dengan Powerpoint dan Wondershare untuk Pengembangan Soft Skills Siswa Bagi Guru SD dan TK. Warta, 19(1), 64–73.
Sumarni. (2023). Application of Lesson Study in training on the Utilization of Geogebra Software as a Mathematics Learning Media Penerapan Lesson Study dalam pelatihan Pemanfaatan Software Geogebra sebagai Media Pembelajaran Matematika. Mujtama’ Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 47–62.
Sumarni, Adiastuty, N., & Syafari, R. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Kalkulator Online untuk Meningkatkan Literasi Matematika Bagi Guru-guru di Kabupaten Cirebon. Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 56–66.
Sumarni, Adiastuty, N., Syafari, R., Putri, A. D., & Utami, A. F. (2023). Pelatihan pemanfaatan quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran bagi gurru di kabupaten cirebon. At-Tamkin: Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka, 6(2), 9–21.
Sumarni, Prayitno, A. T., & Adiastuty, N. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Al Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 15–24.
Son, A. L., Mamoh, O.Talan, M. R & Nitsae, D. (2023). Penyusunan dan Publikasi Karya Ilmiah: Bimtek terhadap Guru-guru di Wilayah Perbatasan NKRI-Timor Leste. Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora, 2(1), 1—12.
Wahyuningtyas, Neni, and Nurul Ratnawati. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru-Guru IPS. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial 1(1):54–62.
Copyright (c) 2024 Sumarni Sumarni, Anggar Titis Prayitno, Rahayu Syafari, Nazwa Farhah, Lilis Muparihah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.