Pelatihan Literasi dan Numerasi bagi Siswa SDK Bokis
Abstract
Program pelatihan literasi dan numerasi diluncurkan melalui pengabdian pada masyarakat ini hadir unutk melatih siswa untuk miningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. Metode pelaksanaan Pengabdian adalah metode survey, sosialisasi, metode cermah, metode pelatihan (workshop), dan metode bimbingan. Lokasi Pengabdian kepada Masyarakat di SDK Bokis Desa Susulaku B, Kec. Insana Kab. Timor Tengah Utara. Peserta pelatihan adalah siswa kelas 1 sampai kelas 6. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. Hasil pengabdian menujukan ada antusiasme yang tinggi dari siswa SDK Bokis dalam kegiatan literasi dan numerasi. Materi-materi yang dirancnag sesuai dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa senang dan tertarik untuk belajar.
References
Ekowati, W. D., dkk. (2019). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) Volume 3 Nomor 1 https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2541
Faizah, U. Dewi. (2019). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menenga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan https://repositori.kemdikbud.go.id/17586/1/Panduan%20GLS%20SD_Edisi%202.pdf
Firdaus, F. &Septiady, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Di Sekolah 3t (Tertinggal, Terluar, Terdepan) Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Program Kampus Mengajar. SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknolog. https://jurnal.yappsu.org/index.php/skylandsea/article/view/82/87
Ifrida, F. dkk. (2023) Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Murid di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) http://journals.alptkptm.org/index.php/jikm/article/view/94
Kamlasi, I. (2024) Tantangan dan Solusi Literasi di Daerah Tertinggal: Opini terbit di Media Online Spektrum NTT terbittanggal 04 April 2024 Laman: https://spektrum-ntt.com/artikel/baca/Tantangan-Dan-Solusi-Terhadap-Gerakan-Literasi-Di-Daerah-Tertinggal-3T-660e24724bc38
Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) nomor 033/H/KR/2022 tentang CapaianPembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Nurviyani, V. dkk. (2023). Optimalisasi Literasi Emosi Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Bahasa Pasca Gempa Bumi Cianjur. Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora Volume 2, Nomor 2, Edisi Oktober 2023, pp. 147-159 https://jurnal.unimor.ac.id/index.php/JPSH/article/view/5484/1530
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti
Saronto, Z. A. (2023) Pelatihan Literasi Numerasi Kelas Awal di Jakarta Selatan. SABAJAYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm/article/view/34/41
Setyaputri, V. A. Dine, dkk. (2022) Pelatihan Literasi dan Numerasi Peserta Didik SD Negeri Kragilan 2 JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS. Vol.2, No.02, Februari2022, pp. 127-131 https://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/642
Silitonga, A. Eva (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Literasi-Numerasi Murid Sekolah Dasar Sebagai Implementasi Kegiatan Program Kampus Mengajar Angkatan 3.Madaniya. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/255
Susriyanti, S. dkk. (2022) Implementasi dan Aplikasi Literasi Numerasi Di SDN 20 Labuhan Tarok, BungusTelukKabung, Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi (JPMA) https://journal.adpebi.com/index.php/JPMA/article/view/141
Rohim dan Rahmawati. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3):1-7. https://journal.unesa.ac.id/index.php/pd/article/view/10412
Undang-undang nomor 3 tahun 2017 tentang sistem perbukuan. https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2017/3TAHUN2017UU.pdf
Yuningsing, Y. (2019). Pendidikan Kecakapan Abad Ke-21 Untuk Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, No.1 Jilid 9:135-152. https://ejournal.upi.edu/index.php/jppd/article/view/21526/10602
Zuhra, F. dkk. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi Dan Numerasi Dalam Proses Pembelajaran untuk Guru MTsS.JMM Jurnal Masyarakat Mandiri. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5073
Copyright (c) 2024 Darni Nopi Nokas, Gaudensiana Seko Taboy, Godfried Yan Usfomeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.