Edukasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Kristen bagi Siswa dalam Membangun Sikap Toleransi Beragama di SMP Negeri 20 Pamulang Tangerang Selatan

  • Fredik Melkias Boiliu Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia Banten
  • Abraham Tefbana Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia Banten
  • Asti Maharani Sekolah Tinggi Teologi Sunergeo Banten
  • Imanuel Pisdon Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia Banten
  • Sara Yemima Purba Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia Banten
  • Michael Theodore Badra Laxwanda Sekolah Tinggi Teologi Sunergeo Banten
  • Sari Handayani Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia Banten
  • Dewi Sriniat Harefa Sekolah Tinggi Teologi Sunergeo Banten
  • Tini Martinus Henukh Sekolah Tinggi Teologi Sunergeo Banten
  • Vera Oktavia Siahaan Sekolah Tinggi Teologi Sunergeo Banten
  • Yasrid Prayogo Kurniawan Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia Banten
Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Kristen, Sikap Toleransi Beragama

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMP Negeri 20 Pamulang, Tangerang Selatan, bertujuan untuk memberikan pemahaman nilai-nilai Pendidikan Agama Kristen kepada siswa, dalam upaya membangun sikap saling menghormati antar agama. Dengan pendekatan ini, siswa-siswa tidak hanya meningkatkan pemahaman mengenai nilai-nilai Kristen, tetapi juga memasukkan prinsip-prinsip toleransi terhadap kepercayaan agama lain ke dalam diri mereka. Metode yang digunakan dalam kegiatan PkM ini adalah ceramah, tanya jawab dan diskusi. Hasil PkM menunjukkan adanya peningkatan kesadaran siswa mengenai perlunya menghormati keragaman keagamaan. Siswa menambah wawasan dan arahan yang tepat, membangun komunikasi melalui dialog antar umat agama yang bersatu, dan memajukan penghormatan terhadap keragaman keyakinan agama. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan agama Kristen memiliki potensi untuk menjadi sarana yang efektif dalam mendorong sikap toleransi antar agama di lingkungan sekolah, dan juga sebagai pondasi dalam membangun masyarakat yang lebih damai dan inklusif secara keseluruhan.

References

Boiliu, F. M. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen sebagai Upaya dalam Menangkal Radikalisme Agama Di Indonesia. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(2), 38–51. https://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1757

Boiliu, F. M., Harefa, D., Simanjuntak, H., Waruwu, S., & Simanjuntak, I. F. (2021). Model Pendidikan Agama Kristen Berwawasan Majemuk dalam Membina Sikap Toleransi Beragama di Indonesia. Kharismata: Jurnal Teologi Pentakosta, 4(1), 84–97.

Casram, C. (2016). Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam Masyarakat Plural. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(2), 187–198. https://doi.org/10.15575/jw.v1i2.588

Darmawan, I. P. A., Br Simamora, E. S., & Purnamawati, Y. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1(1), 31. https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.697

Derung, T. N., Sampelan, A. B., Hermina Serang Lubur, & Tukan, N. S. J. (2022). Membangun Toleransi Umat Beragama dalam Masyarakat yang Majemuk Teresia. 2(8), 257–263.

Juara, D. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Semangat Moderasi Beragama. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 315–324. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3107%0Ahttp://repository.uki.ac.id/3107/1/Peranpendidikanagamakristenpak.pdf

Keriapy, F., Legi, H., & Giban, Y. (2022). Pendidikan Kesadaran Kristis: Sebuah Tantangan dalam Pendidikan Agama Kristen. Didache: Journal of Christian Education, 3(2), 148. https://doi.org/10.46445/djce.v3i2.623

Langi, E. A., Arifianto, Y. A., & Elisa, S. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen terhadap Nilai Toleransi. Real Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 63–73. https://doi.org/10.53547/rdj.v3i1.371

Naim, N. (2020). Membangun Toleransi dalam Masyarakat Majemuk Telaah Pemikiran Nurcholis Madjid. Harmoni, 12(2), 31–42. https://doi.org/10.32488/harmoni.v12i2.153

Novitasari, N., Dewi, D. A., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran Pendidikan untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi antar Umat Beragama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7884–7889. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2262

Ondja, H. I., Kuanine, M. H., Harefa, S., & Metboki, R. J. A. (2023). Implementasi Pembelajaran PAK Berbasis Multikultural dalam Membina Sikap Toleransi Siswa di Sekolah. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 5(1), 1–15.

Panggabean, J. Z. Z. (2017). Toleransi sebagai Model Relasi Kerukunan Umat Beragama. Jurnal Teruna Bhakti, 4(2), 205–216. stakpntarutung.ac.id

Simanjuntak, P., & Aritonang, H. D. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Kristiani dalam Lingkungan Masyarakat Heterogen. 2(1), 74–80. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i1.244

Siregar, V. D., & Boiliu, F. M. (2023). Pendidikan Agama Kristen Humanis sebagai Pendekatan dalam Membina Sikap Toleransi Beragama. JRegula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 8(1), 10–17.

Suharyanto, A. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Sikap Toleransi antar siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2(1), 192–203.

Published
2024-05-29
How to Cite
Boiliu, F., Tefbana, A., Maharani, A., Pisdon, I., Purba, S., Laxwanda, M., Handayani, S., Harefa, D., Henukh, T., Siahaan, V., & Kurniawan, Y. (2024). Edukasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Kristen bagi Siswa dalam Membangun Sikap Toleransi Beragama di SMP Negeri 20 Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 3(1), 69-80. https://doi.org/10.32938/jpsh.3.1.2024.69-80

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.