Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Bagi Guru dan Tendik di SMPN3 Fatuelu Barat
DOI:
https://doi.org/10.32938/jpsh.v3i2.7415Keywords:
Administrasi perpustakaan, Budaya literasiAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan guru dan tenaga kependidikan di SMPN 3 Fatuleu Barat dalam mengelola perpustakaan. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah dua orang guru PNS, enam orang guru non-PNS, dan satu pegawai non-PNS. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode pelatihan dan praktek pengelolaan perpustakaan, yang mencakup pengembangan koleksi buku referensi, penataan fasilitas perpustakaan, dan pembentukan budaya literasi bagi siswa, guru, dan staf. Pelatihan ini meningkatkan kemampuan guru dan pegawai. Tujuan kegiatan dicapai melalui survei dan wawancara dengan peserta sebelum dan sesudah pelatihan. Dalam proses evaluasi ini, keterampilan peserta dalam pengelolaan perpustakaan dipertimbangkan. Selain itu, kami melihat secara langsung bagaimana perpustakaan diurus dan bagaimana siswa dan karyawan sekolah menggunakannya. Analisis data kuantitatif dari hasil survei serta data kualitatif dari wawancara dan observasi menghasilkan kesimpulan dari kegiatan ini. Hasil menunjukkan bahwa ada peningkatan ketrampilan dalam pengelolaan perpustakaan oleh guru dan tendik di SMPN 3 Fatuleu Barat.
References
Artana, I. K. (2019). Upaya mengoptimalkan peran perpustakaan sekolah melalui pengelolaan yang profesional. Acara pustaka. Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 1-9.
Endarti, S. (2022). Perpustakaan sebagai tempat rekreasi informasi. Abdi Pustaka. Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 23-28.
Hanafiyah, F. (2018). Literasi Lintas Kurikulum Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Bibliotika. Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(2), 41–47
Manangin, Y., Mozin, S. Y., & Tohopi, R. (2024). Evaluasi kinerja pelayanan pegawai perpustakaan di kantor dinas kearsipan dan perpustakaan Provinsi Gorontalo. Admit. Jurnal Administrasi Terapan, 2(1), 29-48.
Luqiana, A., & Nelisa, M. (2022). Implementasi Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional No. 12 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas di Perpustakaan SMA Negeri 10 Sijunjung. Jipis. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, 1(2), 18-28.
Murtianingsih, F (2022). Ketersediaan Bahan Pustaka Perpustakaan untuk Mengoptimalkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4).
Ma'arif, M. A., Husnah, R. A., & Rizqiyah, S. (2022). Pendampingan pengelolaan perpustakaan SMP Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo. Khidmah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 84-89.
Safii, M., Setiawan, S., Ansor, S., Ernaningsih, D. N., Rahmania, L. A., & Jayanti, C. T. (2021). Penerapan Otomasi Perpustakaan Sekolah di Malang Raya. Aksiologiya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 79-87.
Safii, M., Zen, Z., & Mayesti, N. (2018). Strategi Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menerapkan Library 2.0. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 3(1), 144–159. https://doi.org/10.30829/jipi.v3i1.1660.
Saleh., Rahman, A. & Komalasari, R. (2011). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46-61.
Turnadi. (2018). Memaknai Peran Perpustakaan dan Pustakawan dalam Menumbuhkembangkan Budaya Literasi. Media Pustakawan, 25(3). https://doi.org/10.37014/medpus.v25i3.221.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Daniel Frengky Kamengko, Alfred Snae, Agus Maramba Meha, Filmon Mikson Polin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.