Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Aritmatika Sosial

Main Article Content

Maria Yovita Mali
Stanislaus Amsikan
Selestina Nahak

Abstract

Kesalahan siswa dalam menyelesaiakan soal-soal matematika dalam bentuk cerita pada materi aritmatika sosial dipengaruhi oleh kurangnya memahami masalah dan konsep materi serta pemberian soal tes atau soal ulangan yang jarang diberikan sehingga berdampak pada nilai siswa yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan aritmatika sosial pada siswa SMP Negeri Kota Baru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VII SMP Negeri Kota Baru yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis berbentuk uraian berjumlah 5 nomor soal dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial adalah: (a) persentase kesalahan membaca yang dilakukan siswa sebesar 9%, (b) persentase kesalahan memahami yang dilakukan siswa sebesar 47%, (c) persentase kesalahan transformasi yang dilakukan siswa sebesar 61%, (d) persentase kesalahan keterampilan proses yang dilakukan siswa sebesar 65%. (e) persentase kesalahan penulisan jawaban akhir yang dilakukan siswa sebesar 84%. Adapun penyebab kesalahan siswa meliputi tidak mengerti kata-kata atau dalam soal dan kurang teliti dalam membaca soal, kurang dalam menemukan hal yang diketahui dan yang ditanyakan dalam soal, terburu-buru dalam menyelesaikan soal, lupa tulis rumus, tidak tahu rumus apa yang harus digunakan, kurang paham dengan materi yang sudah dipelajari, keliru dalam proses penghitungan, lupa menuliskan kesimpulan dan akibat kesalahan sebelumnya.

Article Details

Section
Articles

References

Ashidiq, G., & Masduki, S. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII B SMP N 2 Colomadu Berdasarkan Metode Newman Eror Analisis (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Fatahilah, A., Wati, Y. F., & Susanto, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40-51.

Fitri, N. M. A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial. Prosiding Sesiomadika, 1(1a).

Fitriyah, N. N (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kesalahan Siswa Kelas VIIdalam Menyelesaiakn Soal Cerita Segi Empat Melalui PBL. (Unpublished undergraduate thesis). Universitas Negeri, Semarang.

Hendriana, H. et al. (2017). Hard Skills danSoft Skills. Bandung: RefikaAditama.

Gunawan., A. (2016). “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu.” Jurnal PGSD: Jurnal Ilmial Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9.2 (2016): 216-225

Mahmudah, I. D., & Sutami, S (2017). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berbentuk Cerita Berbasis Newman di MAN Salatiga. Prosding SEMPOA 3(Semina Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika), Universitas Muhamadiyah Surakarta (pp. 1-8). http://hdl.handle.net/11617/8775

Meirani, E. S. (2017). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Seni Musik Di Sekolah Dasar Dabin Slerok Kota Tegal (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Paramitha, N. (2017). Analisis Proses Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Aritmatika Sosial Siswa Smp Berkemampuan Tinggi. e-JurnalMitra Pendidikan, 1(10), 983-994

Purti, G. (2017). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Trigonometri Berdasarkan Newman di SMA Kartika IV-3 Surabaya. Skripsi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Sangadah, M (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Ekuvalen, 20(1), 12-1. http://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i1.2865

Saputri, R, R., Sugiarti, T., Murtikusuma, R. P., Trapsilasiwa, D., & Yudianto, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Sola Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VII Kadikma 9(2), 59-68

Sari, S. R., Munawaroh, F., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Kesalahan Umum Pada Penyelesaian Soal Cerita Materi Getaran,Gelombang, dan Bunyi: Aplikasi Newman Error Analysis. Natural Science Education Research, 2(2), 159-166.

Siregar, N. F., & Nasution, E. Y. P. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills. In Curup Annual Conference on Math (CACM) (Vol. 1, No. 1, pp. 21-26).

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41-45.

Syahruddin, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Makasar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASAR)

Topa, S. I., Setiawani, S., & Oktavianingtyas, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Permasalahan Fungsi Eksponen Ditinjau Dari Gender. KadikmA, 9(3), 42-50.

Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakkan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 MetroTahun Pelajaran 2015/2016. JurnalIqra: Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2),165-190

Wulandari, T., & Resta, E. L. (2018).Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1693-1697.