Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Dalam Mengerjakan Soal Perbandingan Berdasarkan Prosedur Newman

Main Article Content

Maria Oriyanti Bui
Kondradus Yohanes Klau
Hendrika Bete

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pada materi Perbandingan. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yaitu 3 orang siswa kelas VII A SMP Negeri Barada yang paling banyak melakukan kesalahan. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan memahami masalah, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses, (5) kesalahan penulisan jawaban akhir. Letak kesalahan yang dilakukan siswa tersebut yaitu (1) siswa salah dalam membaca simbol-simbol matematika yang terdapat pada soal dengan benar dan tepat. (2) siswa tidak dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal. (3) siswa tidak mampu mentransformasikan soal ke dalam bentuk model matematika (4) saat proses perhitungan siswa tidak dapat menentukan rumus yang akan digunakan, tidak menyelesaikan langkah-langkah penyelesaian dengan tepat. (5) siswa salah dalam menghitung jawaban akhir dan salah dalam menuliskan jawaban akhir.

Article Details

How to Cite
Bui, M., Klau, K., & Bete, H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Dalam Mengerjakan Soal Perbandingan Berdasarkan Prosedur Newman. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(2), 74-86. https://doi.org/10.32938/jipm.7.2.2022.74-86
Section
Articles

References

Clement, M.A. (1980). Analysing Children Errors On Written Mathematical Taks. Jakarta: Education Studies In Mathematics.

Depdiknas. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Oktaviana, D. (2017). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit “. Jurnal Pendidikan Saink Dan Matematika, Vol. 5, No. 2, 2017, H. 22-32.

Haryati, M. (2015). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Gaung Persada Press. Jakarta.

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Kamarullah, (2005). Analisis Kesalahan Mahasiswa D-2 PGMI IAIN An-Ramiry Babda Aceh Tentang Geometri di Madrasyah Ibtidaiyah Beserta Alternatif Pembelajarannya. [Tesis]. Tidak Dipublikasikan. Surabaya: UNESA

Krismantono. R. R., Purnami. A. S. (2018). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Sleman: In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Oktaviana, Dwi. (2017). “Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit”. Jurnal Pendidikan Saink Dan Matematika, Vol. 5, No. 2.

Pamungkas, C. M. Susanto, H. P. Meifiani, N. I. (2020). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matriks Pada Siswa Kelas X Smk. Jurnal Edumatik, 2020, 1.1.

Rahmawati, 2015. Desain Pembelajaran Perbandingan dengan Menggunakan Kertas Berpetak di KelasVII. [Tesis]. Palembang: PPs Universitas Sriwijaya.

Singh, P. Rahman, A. A. Sian, H. T. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Task: A Malaysian Perspective. Procedia on International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010), 8(2010): 264-271. Tersedia di http://www.sciencedirect.com

Singh, White, Jha. (2010). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 38-39.

Surya Edy, Rukmana Siti. (2017). Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Medan

Susilowati, P. L, Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dan Scaffolding Pada Materi Aritmatika Sosial. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13-24.

Sri Amini dan Tri Nova Hasti Yunianta. (2018). Analisis Kesalahan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Dan Scaffolding-Nya Bagi Kelas VII Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1 )

Zanthy, S. L. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Stkip Siliwangi Bandung. Jurnal Teori dan Riset