EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI UNIVERSITAS TIMOR
DOI:
https://doi.org/10.32938/jan.v4i2.5891Keywords:
Evaluasi, Pelaksanaan Pembelajaran DaringAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring di Universitas Timor. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Evaluasi Konteks, tujuan pelaksanaan pembelajaran daring di Universitas Timor untuk membantu memutuskan penyebaran virus corona. Kelebihan pelaksanaan pembelajaran daring yakni membantu pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemic, meningkatkan pengetahuan akan teknologi, melakukan pembelajaran dimana pun dan kapan saja. Sedangkan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran daring yakni jaringan yang sering terganggu ketika pembelajaran berlangsung, kuota yang sangat terbatas, alat pembelajaran seperti handphone yang kurang berkualitas, atau tidak memiliki handphone dan laptop. Evaluasi Masukan, secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran daring dapat berpengaruh terhadap pengembangan sumber daya manusia di Universitas Timor. Media yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring hampir semua menggunakan handphone dan laptop. Pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan berdasarkan aturan yang dikeluarkan oleh pihak Universitas Timor. Evaluasi Proses, pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Permasalahan yang timbul adalah jaringan yang sering terganggu, handphone yang kurang berkualitas, sinyal yang tidak baik. Direkomendasikan kepada Universitas Timor untuk menambah daya jaringan di area Universitas agar perkuliahan berjalan dengan baik. Evaluasi Hasil. pelaksanaan pembelajaran daring sesungguhnya belum mencapai tujuan karena masih mengalami kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mengirimkan naskahnya pada JianE telah memahami ketentuan yang berlaku pada jurnal ini. Jika naskah tersebut diterbitkan, hak cipta artikel itu akan diserahkan kepada JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor sebagai penerbit jurnal tersebut.
Hak cipta ini meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyiarkan artikel dalam berbagai bentuk media. Reproduksi sebagian atau keseluruhan isi jurnal ini dan segala yang melekat padanya haruslah dengan seizin JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor.
JianE dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Timor, Dewan Editor, dan Reviewer berusaha menjamin agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penyajian data dan pernyataan yang dikutip pada jurnal. Dalam hal naskah yang termuat berisi penghargaan pada pihak-pihak tertentu sebagai donatur atau sponsor, itu merupakan bagian yang terpisah dari JianE dan menjadi kepentingan penulis dengan pihak sponsor.
Semua artikel yang dimuat dalam jurnal ini bersifat Open Access dan bebas dibaca, diunduh, dan disebarluaskan oleh para pembaca selama tidak mengabaikan lisensi yang diacu oleh JianE: yaitu Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License