Pengaruh Penggunaan Jaringan Internet Pada Pembelajaran Daring Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • Gotlif Onirca Sina PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
  • Stanislaus Amsikan Universitas Timor
  • Cecilia Novianti Salsinha Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/jipm.6.3.2021.115-122

Keywords:

Penggunaan Internet pada pembelajaran daring, Minat belajar, Indikator minat belajar, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan internet pada pembelajaran daring dan minat belajar terhadap hasil mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan di Program Studi Pendidikan Matemtika Universitas Timor dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV, VI dan VIII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara pengguaan internet pada pembelajaran daring terhadap hasil  dan minat belajar terhadap hasil mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2020/2021. Faktor penyebab dalam penelitian ini adalah kurangnya fasilitias dan kuota untuk mengakses ke jaringan internet.

References

Ahmadi & Hermawan. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.

Aristo, R. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M.N.(2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Dabbagh, N. & Bannan-Ritland, B. (2005). Online learning: Concept, Strategies, and Application. New Jersey: Pearson education,Inc.Directions. In Handbook of Blended Learning Global Perspectives Local Designs (pp. 3–21). San Francisco: CA: Wiley. https://doi.org/10.2307/4022859.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar Jakarta:Bumi Aksara.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99- 110. 10.24235/ileal.v3i1.1820.

Mulyani, S. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Maulana.

Nasution. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rosenberg, M. J. (2001). E-Learning : Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age. USA : McGraw-Hill Companies.

Sibero. (2014). Web Programming Power Pack. Yogyakarta: Mediakom

Suryani., Nunuk, & Agung, L. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Sina, G. O., Amsikan, S., & Salsinha, C. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Jaringan Internet Pada Pembelajaran Daring Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(3), 115–122. https://doi.org/10.32938/jipm.6.3.2021.115-122

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.