Pemanfaatan Sumber Belajar yang Variatif: Pelatihan bagi Para Guru di SMP PGRI 2 Ciawi

  • Santri Chintia Purba Universitas Kristen Indonesia
  • Risma Uly Manalu Universitas Kristen Indonesia
  • Stevi Natalia Universitas Kristen Indonesia
  • Candra Ditasona Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Pembelajaran, Edmodo, Minat Belajar, Kahoot

Abstract

Kondisi permasalahan yang dihadapi dalam pengabdian ini antara lain guru kesulitan dalam mencari dan menentukan sumber belajar yang cocok. Meskipun sumber belajar yang variatif tersedia, tidak semua guru memiliki pemahaman dan keterampilan yang cukup untuk memanfaatkannya secara efektif. Guru masih kurang akrab dengan teknologi atau kurang paham tentang cara mengintegrasikan sumber belajar tersebut ke dalam pembelajaran. Tidak semua sumber belajar yang tersedia memiliki kualitas yang sama, sumber belajar yang tersedia di internet mungkin saja tidak relevan atau tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Oleh karena itu diperlukan pelatihan tentang pemanfaatan sumber belajar yang variatif bagi guru. Maka dalam hal ini, tim melakukan sharing knowledge bagi guru dan pembelajaran kepada siswa. Diskusi mencakup prinsip pembelajaran era zaman now, pembelajaran berbasis budaya, menggunakan edmodo dan kahoot. Melalui pelatihan dan pembelajaran yang dilakukan diperoleh bahwa: 1) Siswa menerima pembelajaran matematika yang menyenangkan; 2) Guru-guru mendapat penambahan ilmu dan wawasan baru mengenai penerapan IT dalam pembelajaran dan bagaimana tetap menekankan pemahaman konsep dengan memanfaatkan benda-benda sekitar siswa/i tersebut; 3) Guru-guru juga bisa menerapkan penggunaan pembelajaran online dengan menggunakan Edmodo dan Kahoot.

References

Al-Said, K. M. (2015). Students’ perceptions of edmodo and mobile learning and their real barriers towards them. Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(2), 167–180.

Angelianawati, L., & Ditasona, C. (2014). Using ICT to Teach Mathematics in English. Developing Educational Professionals in South East Asia (DEPISA), 147–156.

Bishop, A. J. (1994). Ethnomathematics – Challenging Eu- rocentrism in Mathematics Education. 146–148.

Brame, C. (2016). Active learning. Vanderbilt University Center for Teaching.

Djaali. (2009). Psikologi Pnedidikan. Jakarta: Bumi Aksara, h. 125-126.

Ditasona, C. (2018). Ethnomathematics Exploration of the Toba Community: Elements of Geometry Transformation Contained in Gorga (Ornament on Bataks House). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012042

Estari, Aan Whiti. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Conference Series: Social, Humanities,and Educational Studies. Vol. 3, No. 3. 2020.

Herpratiwi, H., & Tohir, A. (2022). Learning Interest and Discipline on Learning Motivation. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 424–435. https://doi.org/10.46328/ijemst.2290

Nusantara, T. (2018). Desain Pembelajaran 4.0. Forum Seminar Nasional, Lembaga Penelitian Pendidikan (LPP) Mandala, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.1890/12-0038.1

Plump, C. M., & LaRosa, J. (2017). Using Kahoot! in the Classroom to Create Engagement and Active Learning: A Game-Based Technology Solution for eLearning Novices. Management Teaching Review. https://doi.org/10.1177/2379298116689783

Rosa, M., D’Ambrosio, U., Orey, D. C., Shirley, L., Alangui, W. V., Palhares, P., & Gavarrete, M. E. (2016). Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4

Saunders, L., & Wong, M. A. (2020). Instruction in Libraries and Information Centers. Windsor & Downs Press. https://doi.org/10.21900/wd.12

Shin, D.-J. D., Lee, H. J., Lee, G., & Kim, S. (2019). The Role of Curiosity and Interest in Learning and Motivation. In K. A. Renninger & S. E. Hidi (Eds.), The Cambridge Handbook of Motivation and Learning (pp. 443–464). Cambridge University Press. https://doi.org/DOI: 10.1017/9781316823279.020

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0, 6(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343

Wong, L.-H., Chan, T.-W., Chen, W., Looi, C.-K., Chen, Z.-H., Liao, C. C. Y., King, R. B., & Wong, S. L. (2020). IDC theory: interest and the interest loop. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 15(1), 3. https://doi.org/10.1186/s41039-020-0123-2

Yudianto, R.R., Eldarni. (2023). Pengembangan E-Book Menggunakan Aplikasi Flip PDF COrporate Edition pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VII SMP. Jurnal Family Education. Vol. 03, No. 1. 2023. p 1-8.

Published
2023-11-01
How to Cite
Purba, S., Manalu, R., Natalia, S., & Ditasona, C. (2023). Pemanfaatan Sumber Belajar yang Variatif: Pelatihan bagi Para Guru di SMP PGRI 2 Ciawi. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 2(2), 116-126. https://doi.org/10.32938/jpsh.2.2.2023.116-126
Section
Articles