Pemanfaatan Sumber Belajar yang Variatif: Pelatihan bagi Para Guru di SMP PGRI 2 Ciawi

Authors

  • Santri Chintia Purba Universitas Kristen Indonesia
  • Risma Uly Manalu Universitas Kristen Indonesia
  • Stevi Natalia Universitas Kristen Indonesia
  • Candra Ditasona Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32938/jpsh.2.2.2023.116-126

Keywords:

Pembelajaran, Edmodo, Minat Belajar, Kahoot

Abstract

Kondisi permasalahan yang dihadapi dalam pengabdian ini antara lain guru kesulitan dalam mencari dan menentukan sumber belajar yang cocok. Meskipun sumber belajar yang variatif tersedia, tidak semua guru memiliki pemahaman dan keterampilan yang cukup untuk memanfaatkannya secara efektif. Guru masih kurang akrab dengan teknologi atau kurang paham tentang cara mengintegrasikan sumber belajar tersebut ke dalam pembelajaran. Tidak semua sumber belajar yang tersedia memiliki kualitas yang sama, sumber belajar yang tersedia di internet mungkin saja tidak relevan atau tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Oleh karena itu diperlukan pelatihan tentang pemanfaatan sumber belajar yang variatif bagi guru. Maka dalam hal ini, tim melakukan sharing knowledge bagi guru dan pembelajaran kepada siswa. Diskusi mencakup prinsip pembelajaran era zaman now, pembelajaran berbasis budaya, menggunakan edmodo dan kahoot. Melalui pelatihan dan pembelajaran yang dilakukan diperoleh bahwa: 1) Siswa menerima pembelajaran matematika yang menyenangkan; 2) Guru-guru mendapat penambahan ilmu dan wawasan baru mengenai penerapan IT dalam pembelajaran dan bagaimana tetap menekankan pemahaman konsep dengan memanfaatkan benda-benda sekitar siswa/i tersebut; 3) Guru-guru juga bisa menerapkan penggunaan pembelajaran online dengan menggunakan Edmodo dan Kahoot.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Purba, S. C., Manalu, R. U., Natalia, S., & Ditasona, C. (2023). Pemanfaatan Sumber Belajar yang Variatif: Pelatihan bagi Para Guru di SMP PGRI 2 Ciawi. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.32938/jpsh.2.2.2023.116-126