Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Audio Visual Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Online Siswa SMA

Main Article Content

Agusta Sarin
Oktovianus Mamoh
Sulasri Suddin

Abstract

Pembelajaran matematika dimasa Pandemi COVID-19 secara daring menimbulkan banyak persoalan. Di antaranya, motivasi belajar rendah, sulit memahami materi dan mengerjakan soal latihan bahkan nilai tidak memuaskan saat ujian.  Karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi kesulitan pembelajaran online pada materi barisan dan deret dengan menggunakan bahan ajar berbasis audio visual untuk siswa kelas XI IPS SMAK Warta Bakti Kefamenanu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas  dengan 2 siklus dan dilaksanakan  pada tahun  ajaran 2020/2021.  Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I presentase ketuntasan kelas mencapai 50% dan presentase ketuntasan kelas pada siklus II mencapai 75 %. Dari hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa adanya perubahan pada siklus I dan siklus II sudah mencapai lebih dari kriteria ketuntasan yang ditetapkan 65%. Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis audio visual dapat mengatasi kesulitan pembelajaran online pada materi barisan dan deret untuk siswa kelas XI IPS SMAK Warta Bakti Kefamenanu.

Article Details

How to Cite
Sarin, A., Mamoh, O., & Suddin, S. (2021). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Audio Visual Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Online Siswa SMA. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(2), 50-57. https://doi.org/10.32938/jipm.6.2.2021.50-57
Section
Articles

References

Ani, A. R. (2020). Evaluasi Pembelajaran Online Matematika Kelas 5 SD Negeri Metro Pusat. Skripsi.

Baroroh, M. dan Suyadi, B. 2016. “Penerapan Metode Diskusi Berbantuan Media Audio Visual Untuk Mengingatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1” Skkd No 1142/Un25. 5.1/Tu. 3/2016.

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Athur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interatif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 PVKB. UNJ. Jurnal Pensil 7(2) 25-34 http://doi.org/10.21009/pensil 7.2.6.

Elvarita, A., Iriani, T. & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil 9(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/j pensil.v9i1.11987

Hasratuddin, 2013. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6 (2), hal.135

Mamoh, O. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembinaan Berpikir Logis Dalam Pembelajaran Pada Siswa SMP. Prosiding KNPMP II, P25, 455 Surakarta.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27-44.

Rangkuti, N. A. (2015). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Citapustaka Media

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Utami, P. Y. & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1 (1), 20-26.