PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATERI PROGRAM LINEAR BERDASARKAN TEORI POLYA PADA SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 KEFAMENANU

Main Article Content

Julieta Martins
Selestina Nahak
Stanislaus Amsikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan profil kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah materi program linear berdasarkan teori Polya pada  siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kefamenanu. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang diambil sebanyak 3 orang data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain jawaban tes siswa dan hasil wawancara yang dilakukan peneliti terhadap 3 siswa yang dijadikan subjek penelitian. Analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah materi program linear berdasarkan teori Polya sebagai berikut; (1) Profil subjek dengan kemampuan berpikir kritis tingkat rendah dalam pemecahan masalah yaitu subjek hanya mampu memahami masalah dengan merumuskan pokok-pokok permasalahan dan mengungkap fakta yang ada pada soal (2) Profil subjek dengan kemampuan berpikir kritis tingkat sedang dalam pemecahan masalah yaitu subjek dapat memahami masalah, merencanakan ide penyelesaian, dan melaksanakan ide (3) Profil subjek dengan kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi dalam pemecahan masalah yaitu subjek dapat memahami masalah, merencanakan ide penyelesaian, dan melaksanakan ide penyelesaian, dan mampu menarik kesimpulan.

Article Details

How to Cite
Martins, J., Nahak, S., & Amsikan, S. (2020). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATERI PROGRAM LINEAR BERDASARKAN TEORI POLYA PADA SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 KEFAMENANU. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(1), 38–43. https://doi.org/10.32938/jipm.5.1.2020.38-43
Section
Articles

References

Alexandra Dan Ratu. 2018. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Dengan Graded Response Models. Universitas Kristen Satya Wacana Sidorejo.

Dewi, Y. E. K. dkk. 2019. Profil Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Karya Pendidikan Matematika. Vol.6 No.1 2019: E ISSN : 2549-8401 P ISSN : 2339-2444.

Fatmawati, Harlinda. dkk. 2014. Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Matematika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 2 No. 9 Tahun 2014:899-910. Diunduh dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id [diakses 18-08-2019]

Hasanah,Uswatun. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII MTs N 6 Sleman. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa Kelas IV. Jakarta: Kemendikbud.

Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika di SD. Forum Pendidikan. Vol. 28, No. 2, Maret 2009. [diakses 28-07-2019]

Noordyana, M. A. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metacognitive Instruction. Jurnal pendidikan Matematika STKIP Garut. Vol. 5, No. 2, Mei 2016. [diakses 28-07-2019]

Putri, Anike. 2018. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VII Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusal. Vol. 2, No. 4, Tahun 2018: 793-801.[diakses 23-10-2019]

Santrock, John W. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta :Prenadamedia Group.

Saputra, Hendrik,dkk. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPN 7 Pasuruan. Pros, Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol.1, 2016, ISBN : 978-602-9286-21-2.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulthoniyah, Ani. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmetika Sosial. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tiffani. 2015. Profil Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Berdasarkan Gaya Belajar dan Gaya Kognittif. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Surakarta.