Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematics Education Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Siswa Kelas VII
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa E-Modul yang menarik dan memanfaatkan kehidupan sehari-hari agar dapat membantu siswa lebih tertarik untuk mempelajari Matematika. Penelitian dan pengembangan (RnD) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini Model yang digunakan adalah penelitian model 4D. Model penelitian 4D memiliki 4 tahap yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian yaitu 21 orang siswa dari kelas VIII SMPN 14 Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa E-Modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi Aritmatika Sosial yang dikembangkan Valid dan praktis dengan persentasi kevalidan sebesar 82.88% dan persentasi kepraktisan sebesar 86.89%.
Article Details
References
Andriani, S., & Izzati, N. (2020). Pengembangan E-modul Berbasis Kontekstual pada Materi Logika Matematika Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(1), 32-35.
Friantini, R. N., Winata, R., & Permata, J. I. (2020). Pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosial Kelas 7 SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 562-576.
Bela, M. E., Wewe, M., & Lengi, S. (2021). Pengembangan Modul Matematika Materi Aritmatika Sosial Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 391-400.
Buchori, A., & Rahmawati, N. D. (2017). Pengembangan e-modul geometri dengan pendekatan matematika realistik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 23-29.
Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing realistic mathematics education.
Istikomah, I., & Purwoko, R. Y. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatif Siswa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).
Istikomah, I., & Purwoko, R. Y. (2020). Sigil: Pengembangan e-modul berbasis realistik pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(2), 91-98.
Khaeroni,M.Si, (2021) Metodologi Penelitian dan Pengembangan, Serang, Media Madani.
Lismareni, N., Somakim, S., & Kesumawati, N. (2015). Pengembangan bahan ajar materi aritmetika sosial menggunakan konteks bahan bakar minyak dengan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 48-58.
Ponidi, Nugroho M. 2020. Modul 6 Aritmatika Sosial kelas VII. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Pertama,kemendikbud.
Ramadanti, F., Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2733-2745.
Sari, M., Murti, S. R., Habibi, M., Laswadi, L., & Rusliah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar EBook Interaktif Berbantuan 3D Pageflip Profesional Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 789-802.
Sepriyanti, N., & Nuri, L. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education pada Materi Sistem Persamaan Linear. Math Educa Journal, 1(1), 1-12.
Septiani, Y. M., Yanto, A., & Mahpudin, M. (2019, October). Pentingnya Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 322-330).
Sholikhah, N. (2020). Pengembangan e-modul Matematika kelas 5 SD/MI semester genap berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Son, A. L., & Ditasona, C. (2020, October). CORE RME learning model on improving students’ mathematical problem-solving ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1657, No. 1, p. 012060). IOP Publishing.
Zaqiyah, K., Lutfiyah, L., & Sulisawati, D. N. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung. LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 151-162.