Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Peluang Berbasis Realistic Mathematic Education bahasa indonesia

Main Article Content

Juventianus Kenjam
Selestina Nahak
Justin Eduardo Simarmata

Abstract





Abstrak






Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengembangan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematic Education (RME) dan rendahnya kemampuan ekspresif matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan ekspresif matematis peserta didik dengan memperhatikan validitas, kepraktisan, dan keefektifannya sebagai materi peluang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau researchand development (R&D) dengan menggunakan metodologi ADDIE. Populasi target penelitian ini adalah 15 peserta didik kelas VIII di SMP Kristen Kefamenanu. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, lembar angket respon peserta didik,dan soal pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKPD memenuhi kriteria kevalidan, dengan nilai rata-rata 86,6% dengan kategori sangat valid. Hasil angket praktikabilitas menunjukkan skor rata-rata 97,5% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil belajar pada aspek keefektifan memenuhi kriteria “efektif” dengan persentase ketuntasan belajar rata-rata ketuntasan individual pre test sebesar 45,33 yang meningkat pada post test sebesar 82,67 dengan kategori sangat baik dan ketuntasan secara klasikal pre test yakni 45,33 yang meningkat pada post test sebesar 86,67 dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.


 


 


 





Article Details

How to Cite
Kenjam, J., Nahak, S., & Simarmata, J. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Peluang Berbasis Realistic Mathematic Education. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(1), 413-426. https://doi.org/10.32938/jipm.9.1.2024.413-426
Section
Articles

References

Ahzan, J. Z. N., & Simarmata, J. E. (2021). Development Of Calculus Learning Media Based On Timor Island Local Wisdom With Scilab Implementation. AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat, 10(4), 2615-2625. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4385.

Akbar S. (2013). Instrumen Pernagkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anzalna, L., Misdalina, M., & Nopriyanti, T. D. (2022). Pengembangan LKPD Berorientasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 95-103. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v9i1.3045.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: pedoman teoritis praktisi pendidikan.

Astuti, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1011-1024. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.573.

Atika, N., & Mz, Z. A. (2016). Pengembangan LKS berbasis pendekatan RME untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103-110. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126.

Bellinda, B., Pandra, V., & Fauziah, A. (2023). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 355-368. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4192.

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan lembar aktivitas siswa berbasis penemuan terbimbing pada materi segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179-189. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684.

Farhatin, R., Soenarto, M., & Marlena, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Air Berbasis LKPD Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 01 Tarumajaya Bekasi.

Kenedi, A. K., Hendri, S., & Ladiva, H. B. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Numeracy, 5(2), 226-235. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i2.396.

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2017). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement?. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569-578. https://doi.org/10.12973/ejmste/76959.

Nana, M. B. N., Simarmata, J. E., & Hijriani, L. (2024). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 9-18. https://doi.org/10.37478/jupika.v7i1.3742.

Novelia, Rika, Rahimah, Dewi, & Syukur, Muhammad Fachruddin. (2017). Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 20–25. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.20-25.

Olo, M. R., Simarmata, J. E., & Mamoh, O. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(3), 213-224. https://doi.org/10.32938/jipm.8.3.2023.213-224.

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56-62. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.302.

Riduwan, M., & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Basic Untuk Mengajar Teknik Pemrograman Di Kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 863-868. https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%25p.

Safitri, A., Yensy, N. A., & Siagian, T. A. (2022). Efektivitas Penggunaan LKPD Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(2), 248-258. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.248-258.

Shalahuddin, M. H., & Hayuhantika, D. (2022). Pengembangan e-LKPD berbasis kontekstual dengan media liveworksheets pada materi lingkaran di kelas VIII. Jurnal Tadris Matematika, 5(1), 71-86. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.1.71-86.

Simarmata, J. E., & Hijriani, L. (2020). Improving Students’ Competency on Financial Mathematics Learning by Applying Polyas’model Heuristic Strategy. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 143-154. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol5no2.2020pp143-154.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Triana, M., Noer, S. H. N., & Rosidin, U. (2017). Pengembangan LKPD berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(5). https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/13941.

Trianto, M. P. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.

Uskono, Y. C., Simarmata, J. E., & Mone, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 385-394. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.385-394.

Wahyuni, A., Kusumah, Y. S., Martadiputra, B. A. P., & Zafrullah, Z. (2024). Tren penelitian kemampuan pemecahan masalah pada pendidikan matematika: Analisis bibliometrik. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 337-356. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.22329.