Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Peluang Berbasis Realistic Mathematic Education

Main Article Content

Juventianus Kenjam
Selestina Nahak
Justin Eduardo Simarmata

Abstract





Abstrak






Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengembangan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematic Education (RME) dan rendahnya kemampuan ekspresif matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan ekspresif matematis peserta didik dengan memperhatikan validitas, kepraktisan, dan keefektifannya sebagai materi peluang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau researchand development (R&D) dengan menggunakan metodologi ADDIE. Populasi target penelitian ini adalah 15 peserta didik kelas VIII di SMP Kristen Kefamenanu. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, lembar angket respon peserta didik,dan soal pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKPD memenuhi kriteria kevalidan, dengan nilai rata-rata 86,6% dengan kategori sangat valid. Hasil angket praktikabilitas menunjukkan skor rata-rata 97,5% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil belajar pada aspek keefektifan memenuhi kriteria “efektif” dengan persentase ketuntasan belajar rata-rata ketuntasan individual pre test sebesar 45,33 yang meningkat pada post test sebesar 82,67 dengan kategori sangat baik dan ketuntasan secara klasikal pre test yakni 45,33 yang meningkat pada post test sebesar 86,67 dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.


 


 


 





Article Details

How to Cite
Kenjam, J., Nahak, S., & Simarmata, J. E. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Peluang Berbasis Realistic Mathematic Education. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(1), 413–426. https://doi.org/10.32938/jipm.9.1.2024.413-426
Section
Articles