Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI SMA

Main Article Content

Firda Okviani
Mirta Fera
Susanti Susanti

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sumber atau bahan ajar yang disediakan sekolah, metode ceramah ialah metode yang dipilih guru saat proses belajar. Mengembangkan E-LKPD berbasis pendekatan kontekstual pada materi barisan dan deret aritmatika kelas XI SMA yang valid, praktis serta efektif sebagai tujuan dari penelitian ini. Adapun penggunaan dalam metode penelitian ini ialah penelitian Research and Development (R&D) dengan pengembangan model ADDIE. Peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Toapaya dipilih untuk subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah wawancara, observasi, angket, serta soal tes. Teknis analisis data yang dipakai ialah analisis kualitatif serta kuantitatif. Hasil validasi ahli materi didapati persentase sebesar 90%, hasil validasi ahli media didapati persentase sebesar 91%, dan hasil validasi ahli bahasa didapati persentase sebesar 97,5%. Hasil angket respon pendidik didapati mean sebesar 95% dengan memenuhi kriteria sangat praktis. Sedangkan, hasil angket tanggapan siswa didapati mean sebesar 90% dengan mencakup kriteria sangat praktis. Hasil N-gain diperoleh rata-rata sebesar 0,73 didapat bahwa E-LKPD yang dikembangkan dikategorikan peningkatan tinggi. Berdasarkan hasil analisis tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwasannya, E-LKPD berbasis pendekatan kontekstual dengan kriteria valid, praktis, serta efektif dalam pembelajaran matematika pada materi barisan dan deret aritmatika.

Article Details

How to Cite
Okviani, F., Fera, M., & Susanti, S. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI SMA. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(1), 444–456. https://doi.org/10.32938/jipm.9.1.2024.444-456
Section
Articles

References

Aminingsih, Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning dilengkapi Teka-Teki Silang. Soj Umrah, 2(2), 1348–1357.http://www.bioline.org.br/

Anggraini, T. S., & Reinita. (2021). Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5, 9853–9859. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4088

Budi, T., Ramadhona, R., & Tambunan, L. R. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Students Online Journal, 2(2), 1568–1575.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Pratiwi, R. W., & Handayani, S. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas Vii Smp Negeri 4 Kota Solok. Theorems, 4(1), 101–107.

Ramadhona, R., & Izzati, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Inkuiri Mata Kuliah Matematika Umum Untuk Mahasiswa Pendidikan Kimia. Jurnal Kiprah, 6(2), 21–24. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i2.780

Risyah, M. M. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Self Confidence Siswa (Vol. 21, Nomor 1). Universitas Muhammadiyah Malang.

Sholehah, F. (2021). Pengembangan E- LKPD Berbasis Kontekstual Menggunakan Liveworksheets Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas Vii Smp Ahmad Dahlan Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddiin Jambi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suryaningsih, S., Nurlita, R., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif Dalam Proses Pembelajaran Abad 21. 2(7), 1256–1268.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Vonna, A. M., Saputra, N. N., & Saleh, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kontekstual Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E–LKPD) Berbantuan Liveworksheet. 149–157.

Yodiatmana, Febrian, & Ramadhona, R. (2021). Pengembangan E-LKPD Memuat Konteks Layang-Layang Wau Untuk Memfasilitasi Higher Order Thinking Skills Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2, 1576–1586. https://soj.umrah.ac.id/index.php/SOJFKIP/article/view/1386

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 126.