Sosialisasi Pengenalan dan Penanganan Masalah Kecemasan Membaca Teks Bahasa Inggris Siswa-Siswa SMAN 1 Kefamenanu

Authors

  • Delti Yulita Universitas Timor
  • Maria Fatima Saijao Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/jpkm.1.1.2022.9-16

Keywords:

Kecemasan, Masalah, Membaca, Teks

Abstract

Dalam perkembangan kemampuan membaca teks Bahasa Inggris siswa sangat dipengaruhi oleh tingkat kecemasan membaca siswa. Semakin tinggi kecemasan membaca siswa maka akan mengurangi kemampuan membaca siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab kecemasan siswa dan memberikan solusi yang efektif untuk mengurangi kecemasan membaca siswa. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam dua hari dengan peserta siswa-siswa Sekolah Menengah Atas 1 Kefamenanu. Kegiatan pengabdian ini menemukan dua penyebab utama timbulnya kecemasan membaca teks Bahasa Inggris yaitu kategori teks bacaan yang meliputi topik, kosakata, struktur linguistik, konten budaya dan format teks. Penyebab kedua yaitu aktivitas kelas yang meliputi buku pelajaran, suasana kelas, tugas membaca, guru dan evaluasi. Dari dua penyebab utama ini maka diberikan solusi yaitu pengenalan strategi membaca, merubah persepsi negative tentang teks Bahasa Inggris dan menciptakan suasana belajar yang kondusif.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Yulita, D., & Saijao, M. F. (2022). Sosialisasi Pengenalan dan Penanganan Masalah Kecemasan Membaca Teks Bahasa Inggris Siswa-Siswa SMAN 1 Kefamenanu. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.32938/jpkm.1.1.2022.9-16