Peningkatan Pengetahuan Peserta Didik mengenai Pengelompokkan Sampah di SMPS Gita Surya Eban

Authors

  • Made Santiari
  • Maria Paulin Saridewi Universitas Timor
  • Feliksitas Angel Masing Universitas Timor
  • Lidwina Felisima Tae Universitas Timor
  • Kamaluddin Kamaluddin Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.32938/jpsh.1.2.2022.66-71

Keywords:

Peserta Didik; Sampah Organik; Sampah Anorganik

Abstract

Salah satu permasalahan lingkungan yang memerlukan perhatian serius adalah sampah. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan berbagai macam dampak. Pengelolaan sampah dengan pendekatan 3R memerlukan pengetahuan pengelompokkan sampah terlebih dahulu. Sosialiasi pengelolaan sampah di SMPS Gita Surya kepada 54 peserta didik kelas IX lebih menekankan pada pengetahuan pengelompokkan sampah ini. Tujuan diselenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peserta didik dapat memahami pengelompokkan sampah menjadi sampah organik dan anorganik. Pengabdian ini dilaksanakan pada 17-18 November 2020. Keberhasilan pengabdian ini dilihat dari peningkatan pengetahuan siswa dengan membandingkan nilai pretest dan post-test. Lembar pretest dan post-test diberikan secara acak kepada 26 orang peserta. Berdasarkan hasil post-test yang mengalami peningkatan, maka kegiatan pengabdian ini berhasil meningkatkan pengetahuan peserta mengenai pengelompokkan sampah organik dan anorganik

Downloads

Published

2022-10-21

How to Cite

Santiari, M., Saridewi, M. P., Masing, F. A., Tae, L. F., & Kamaluddin, K. (2022). Peningkatan Pengetahuan Peserta Didik mengenai Pengelompokkan Sampah di SMPS Gita Surya Eban. Jurnal Pengabdian Sains Dan Humaniora, 1(2), 66–71. https://doi.org/10.32938/jpsh.1.2.2022.66-71