Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Main Article Content

Fransiska Noviana Adu
Sulasri Suddin
Hendrika Bete

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan  hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap siswa SMPK Kelas VIIA SMPK Kobalima Alas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan (plan), tindakan (act), pengamatan (observe) dan refleksi (reflect), ini dilakukan di SMPK Kobalima Alas tahun ajaran 2021/2022. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMPK Kobalima Alas yang berjumlah 21 siswa.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan  hasil belajar siswa. Teknik analisis data dengan  menghitung rata–rata nilai observasi dengan mengkategori tingkat kemampuan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa kelas VIIA SMPK Kobalima Alas. Data hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I dan siklus II menggambarkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang meningkat pada siklus II menjadi 16 orang. Persentase ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 61,90% meningkat sebesar 14,28% menjadi 76,19% pada siklus II.

Article Details

How to Cite
Adu, F. N., Suddin, S., & Bete, H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(2), 87–100. https://doi.org/10.32938/jipm.7.2.2022.87-100
Section
Articles

References

Ahmad Susanto.(2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik: Rineka Cipta

Barret. (2005). Understanding Problem Based Learning. Handbook of Enquiry and Problem-based Learning: Irish Case Studies and International Perspectives. AISHE READINGS.

Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Departemen Pendidikan Nasional. 2005.

Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga Balai Pustaka, Jakarta.

Eggen dan Kauchack. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.

Gunantara. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V.Jurnal Mimbar PGSDUniversitas Pendidikan Ganesha [Online]. Volume 2, Nomor 1, 10 halaman.

Kunandar. (2014). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grasindo.

Muhibbin Syah. (2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung:Remaja Rosdakarya.

Rahayu. (2015). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Segiempat Di Kelas VII Semester Genap MTs Az.Zainyah 1 Randumerak Probolinggo Tahun Ajaran 2014/2015. Repository UNEJ.

Raras. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Problem Based Learning Pada siswa Kelas VIID SMP N 1 Srankandan. Tersedia: http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel.

Ratih Surya Pratiwi. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman. (2007). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Perss.

Sudjana. (2002). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suyadi. (2013). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya:Kencana.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Utami. (2013).Pembelajaran Problem Based Learning. Jakarta: PT AgroMedia Pustaka.

Wina Sanjaya. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.