Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII A Smp Pada Materi Statistika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Main Article Content
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya komunikasi matematis siswa kelas VIII A SMP Negeri Oenenu pada materi statistika. Sehingga tujuan untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan ( planing ), tindakan ( acting ), observasi ( observasi ), refleksi ( reflecting ). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentase siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dan meningkat pada siklus II sebanyak 24 siswa. Persentase ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 44,44% dan mengalami peningkatan sebesar 88,89%.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya komunikasi matematis siswa kelas VIII A SMP Negeri Oenenu pada materi statistika. Sehingga tujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan beberapa tahapan penelitian yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil yang diperoleh, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa. Hal ini terlihat dari persentase pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dan meningkat pada siklus II sebanyak 24 siswa. Persentase ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 44,44% dan meningkat sebesar 88,89%.