Pengaruh Assesment Diagnostik Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN Nunbai

Main Article Content

Fransiskus Xaverius Kore
Hendrika Bete
Kondradus Y. Klau

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara terhadap salah satu guru matematika, masih terdapat banyak siswa yang belum mampu dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Hal ini diperlihatkan melalui nilai tugas dan nilai ulangan dimana kebanyakan nilai tugas dan nilai ulangan siswa yang masih sangat rendah, yaitu belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh assesment diagnostik kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN Nunbai. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif yang dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN Nunbai. Sampel yang dijadikan dalam penelitian yaitu seluruh kelas  yang berjumlah 25 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar validasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah  assesment diagnostik kognitif dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji-t untuk mengetahui pengaruh assesment diagnostik kognitif terhadap hasil belajar matematika.  Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai  sehingga terdapat pengaruh yang positif antara assesment diagnostik kognitif terhadap hasil belajar matematika. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh assesment diagnostik kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN Nunbai sebesar .


Abstract


Based on the results of preliminary observations and interviews with one of the math teachers, there are still many students who have not been able to solve math problems. This is shown through assignment grades and test scores where most students' assignment grades and test scores are still very low, which have not reached the Minimum Completion Criteria (KKM). Therefore, the purpose of this study was to determine how much influence cognitive diagnostic assessment has on the mathematics learning outcomes of Nunbai Junior High School students. The type of research used is a type of quantitative research analyzed using simple linear regression analysis. The population in this study were all seventh grade students of Nunbai Junior High School. The sample used in the study was the entire class VII^A which amounted to 25 people. The instruments used in this study were tests and validation sheets. Data collection techniques in this study are cognitive diagnostic assessment and learning outcomes test. Data analysis used is simple linear regression analysis, while hypothesis testing uses t-test to determine the effect of cognitive diagnostic assessment on math learning outcomes.  Based on the results of the study, it is known that the value of t_count>t_table (4.192>1.714) so that there is a positive influence between cognitive diagnostic assessment on math learning outcomes. So it can be concluded that the effect of cognitive diagnostic assessment on the mathematics learning outcomes of Nunbai Junior High School students is 43.3%. 

Article Details

How to Cite
Kore, F. X., Bete, H., & Klau, K. Y. (2024). Pengaruh Assesment Diagnostik Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN Nunbai. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(3), 595–608. https://doi.org/10.32938/jipm.v9i3.7663
Section
Articles

References

Ahmad, M., Siregar, K. S., Ilahi, A., Siregar, E. Y., & Nasution, D. P. (2022). 556722-Membentuk-Karakter-Siswa-Melalui-Pembela-Ad3419C9. 1(2), 100–105.
Asrul. (2022). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Tipe TSTS, Materi Persamaan Garis Lurus pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 X Koto. Guepedia.
Darmayati. (2007). Implementasi Assesment Diagnostik Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kemdikbudristek. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Kusairi, S. (2013). Analisis Asesmen Formatif Fisika Sma Berbantuan Komputer. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(3), 68–87. https://doi.org/10.21831/pep.v16i0.1106
Laulita, U., Marzoan, & Rahayu, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Asesmen Diagnostik Pada Kurikulum Merdeka. JPIn: Jurnal Pendidik IndonesiaJurnal Pendidik Indonesia, 5(2), 63–69.
Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044
Nursalma, A., & Pujiastuti, H. (2023). Pengaruh Waktu Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 135–141. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.479
Permata, J. I. dkk. (2017). Analisis Representasi Matematis Ditinjau dari Kreativitas dalam Pembelajaran Cps dengan Asesmen Diagnostik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6.
Priyanto Agus, Harun Setyo Budi, K. C. S. (2013). Penerapan Metode Stad Dalam Penigkatan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Fkip UNS, 1(1), 1–5. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/368
Priyono, dkk. (2023). Resonansi Pemikiran ke-25 Mendambakan Guru Berkarakter di Era Milenial. Muhammadiyah University Press.
Pundi Aprillia, E., Purwa Kusuma Pendidikan Matematika, A., & Kusuma Negara, S. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri. 143–149.
Sukendraa, I. K., & Sumandya, I. W. (2020). Analisis Problematika dan Alternatif Pemecahan Masalah Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 177–186.
Suryanih. (2011). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa dan Solusinya dengan Pembelajaran Remedial. Skripsi Yang Diterbitkan, 133.
Sutama, D. (2022). Desain Pembelajaran Berorientasi Literasi Numerasi Sekolah Dasar. Muhammadiyah University Press.
Wahana, P. (2016). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Pustaka Diamond, 83. https://repository.usd.ac.id/7333/1/3. Filsafat Ilmu Pengetahuan (B-3).pdf
Yulianto, H. (2023). Paradigma Transformasi Sistem Pendidikan: Perspektif Fasilitator Sekolah Penggerak. Sagusatal Indonesia.