Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di SMAS Al-Washliyah 1 Medan

Main Article Content

Tri Resti Andini Lubis
Rosliana Siregar
Zainal Azis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis model problem-based learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMAS Al-Wasliyah 1 Medan. Sampel penelitian siswa kelas XI IPA yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Desain (nondesain). Analisis data dalam penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji N-Gain dan uji t untuk melihat nilai signifakansi pembelajaran berdiferensiasi berbasis model problem-based learning berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil pengujian data diperoleh hasil uji t dengan nilai Sig.(2-tailed) diperoleh nilai signifkasi 0,000 < 0,05 dan diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 7,554>2,048 menunjukkan berpengaruh positif terhadap penalaran matematis siswa sedangkan dilihat dari nilai rata-rata (mean) N-Gain bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbasis model problem-based learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan perolehan nilai peningkatan 0,4575 dengan persentase 45,7501. Hal ini dapat disimpulkan bahwa besar persen yang dihasilkan pembelajaran berdiferensiasi berbasis model problem-based learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMAS Al-Wasliyah 1 Medan sebesar 45% termasuk dalam kategori sedang.

Article Details

How to Cite
Lubis, T. R. A., Siregar, R., & Azis, Z. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di SMAS Al-Washliyah 1 Medan . MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(3), 569–579. https://doi.org/10.32938/jipm.v9i3.8260
Section
Articles

References

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. Jurnal Lemma, 8(2), 61–75. https://doi.org/10.22202/jl.2022.v8i2.5745

Asoraya, M. S., & Ruli, R. M. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3053–3066. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2412

Br Simanjuntak, R. A., Lania, R., Simanihuruk, S., Soraya, R., & Siregar, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi Di SMP Negeri 8 Medan. Journal on Education, 6(4), 21388–21394. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5998

Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 337–348. https://doi.org/10.30606/absis.v4i1.894

Hakima, L., Sukestiyarno, & Dwidayanti, N. K. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Modul Komik Etnomatematika. Seminar Nasional Pascasarjana, 1999, 1003–1007.

Haryanti, C. F. (2024). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Waru. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 135. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7431

Hermansyah, (2020). Problem Based Learning in Indonesian Learning

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Munasiah, M., Solihah, A., & Heriyati, H. (2020). Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matriks. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6231

Romadhina, D., Junaedi, I., & Masrukan. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP 5 Semarang. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 547–551.

Susila, I. K. D., & Aryasuari, I. G. A. I. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pengajaran ESP Dalam Kemerdekaan Belajar. Widya Balina, 8(1), 585–592. https://doi.org/10.53958/wb.v7i1.233

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Laerning (PBL). Buku, 1–92.

Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra Dinata, Z., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18–22. https://doi.org/10.69966/mjemias.v1i1.3

https://akupintar.id/mp/tes-gaya-belajar