Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pola Bilangan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri Kota Baru

Main Article Content

Frowin Seran
Selestina Nahak
Oktovianus Mamoh

Abstract

Skripsi dengan judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SiswaPada Materi Pola Bilangan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learningdi Kelas VIII SMP Negeri Kota Baru”.Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran problem based learning pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Negeri Kota Baru?. Tujuan penelitian meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran problem based learning pada materi pola bilangan di kelas VIII SMP Negeri Kota Baru.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelasdengan menerapkan model pembelajaranProblem Based Learning. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIA berjumlah 28 orang. Data yang dikumpulkan adalah data primer. Alat pengumpulan data adalahlembar observasi dan tes. Cara mengumpulkan data dengan mengadakan observasi dan tes. Pelaksanaan Penelitian dalam 2siklus, dengan tahapan perancanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik analisis data dengan menganalisis data hasil observasi dan hasil tes.Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaranmenggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Pola Bilangan pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri Kota Baru Kefamenanu. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan kelas setiap siklus yaitu siklus I sebesar 71,43% dan siklus II meningkat menjadi 82,14%.

Article Details

How to Cite
Seran, F., Nahak, S., & Mamoh, O. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pola Bilangan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri Kota Baru. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(1), 31-38. https://doi.org/10.32938/jipm.4.1.2019.31-38
Section
Articles