Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa
Main Article Content
Abstract
Kemampuan penalaran matematis adalah kemampuan untuk membangun hubungan antara berbagai konsep matematis, menyusun argumen logis, dan mengaplikasikan prinsip-prinsip matematika untuk memecahkan masalah. Kemampuan ini merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikembangkan pada siswa karena kemampuan ini tidak hanya melibatkan pemahaman konsep-konsep matematika, tetapi juga keterampilan dalam menganalisis, menalar, dan menyelesaikan masalah. Namun fakta dilapangan menemukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran PBL dan mengevaluasi pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII Reguler 4 MTs Nurul Jadid. Teknik penelitian menggunakan observasi, tes kemampuan penalaran matematis, dan wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan model PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi SPLDV, terbukti dengan peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan penalaran matematis dari 70 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II. Peningkatan yang konsisten dari siklus I hingga siklus III mencerminkan efektivitas model PBL dalam meningkatkan keterampilan penalaran matematis siswa. Perbaikan dalam desain masalah kontekstual, bimbingan, dan struktur diskusi berkontribusi pada hasil yang positif.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416
Astuti, P. H. M., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogos ( Jurnal Pendidikan ), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.33627/gg.v1i2.179
Fathah, K., & Masjid, A. Al. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 7 Kebumen Tahun Ajaran 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2(1).
Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis, 4(1), 337–348. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1413
Karina, N., & Yani, M. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PADA MATERI GEOMETRI DI SMP/MTs. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 142–150. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2217
Kurniasih, S. (2014). Strategi-strategi Pembelajaran. Alfabeta.
Kurniawati, P., Pramista, A. Z. S., & Riswari, L. A. (2024). Menganalisis Strategi Penyusunan Soal Pemecahan Masalah dalam Mengembangkan Keterampilan Penalaran Matematis pada Siswa SD 07 Cendono. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 31871–31878.
Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa MTs Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.193
Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497
Rahmah, L. A., Soedjoko, E., & Suneki. (2019). Model Pembelajaran PBL Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas X SMAN 7 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 2, 807–812. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29271
Riyanda, A., Maidiyah, E., & Usman. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variable di Kelas VIII SMPN 8 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 10(2), 10–20. https://doi.org/10.24815/jp.v10i2.28204
Rosita, C. D. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis : Apa, Mengapa, dan Bagaimana Ditingkatkan Pada Mahasiswa. Jurnal Euclid, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.33603/e.v1i1.342
Setiawati, T., Muhtadi, D., & Rosaliana, D. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Soal Aplikasi. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 748–753. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1119
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Terhadap. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/226594-peningkatan-kemampuan-penalaran-matemati-55500f0f.pdf
Suriasumantri, J. S. (2005). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan.
Syahputra, F. I., & Muktiari, B. R. (2023). Kajian Teori: Pengembangan Modul Matematika pada Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 270–274. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Yesya, R., Bayu, E. P. S., & Leni, N. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Fungsi Kuadrat. Inovasi Pendidikan, 10(2), 53–60. https://www.sman1lempuingjaya.sch.id/artikel/langkah-langkah-model-pembelajaran-problem-based-learning-pbl
Yulianto, D., Junaedi, Y., & Juniawan, E. A. (2023). Optimasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menjawab Soal Setara PISA Konten Change And Relationship Melalui Pendekatan Scientifik Terintegrasi pada Model Problem Solving. Geomath, 4(1), 31–47.
Zulfa, A., & Warniasih, K. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(22), 371–375.