Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Main Article Content

Shofia Hidayah

Abstract

Kemampuan penalaran matematis adalah kemampuan untuk membangun hubungan antara berbagai konsep matematis, menyusun argumen logis, dan mengaplikasikan prinsip-prinsip matematika untuk memecahkan masalah. Kemampuan ini merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikembangkan pada siswa karena kemampuan ini tidak hanya melibatkan pemahaman konsep-konsep matematika, tetapi juga keterampilan dalam menganalisis, menalar, dan menyelesaikan masalah. Namun fakta dilapangan menemukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran PBL dan mengevaluasi pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII Reguler 4 MTs Nurul Jadid. Teknik penelitian menggunakan observasi, tes kemampuan penalaran matematis, dan wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan model PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi SPLDV, terbukti dengan peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan penalaran matematis dari 70 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II. Peningkatan yang konsisten dari siklus I hingga siklus III mencerminkan efektivitas model PBL dalam meningkatkan keterampilan penalaran matematis siswa. Perbaikan dalam desain masalah kontekstual, bimbingan, dan struktur diskusi berkontribusi pada hasil yang positif.

Article Details

How to Cite
Hidayah, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(2), 536–545. https://doi.org/10.32938/jipm.v9i2.7658
Section
Articles

References

Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan MATEMATIKA Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP Mataram, 8(1), 18–27. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i2.5638

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Astuti, P. H. M., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogos ( Jurnal Pendidikan ), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.33627/gg.v1i2.179

Fathah, K., & Masjid, A. Al. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 7 Kebumen Tahun Ajaran 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2(1).

Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis, 4(1), 337–348. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1413

Karina, N., & Yani, M. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PADA MATERI GEOMETRI DI SMP/MTs. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 142–150. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2217

Kurniasih, S. (2014). Strategi-strategi Pembelajaran. Alfabeta.

Kurniawati, P., Pramista, A. Z. S., & Riswari, L. A. (2024). Menganalisis Strategi Penyusunan Soal Pemecahan Masalah dalam Mengembangkan Keterampilan Penalaran Matematis pada Siswa SD 07 Cendono. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 31871–31878.

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa MTs Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.193

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497

Rahmah, L. A., Soedjoko, E., & Suneki. (2019). Model Pembelajaran PBL Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas X SMAN 7 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 2, 807–812. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29271

Riyanda, A., Maidiyah, E., & Usman. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variable di Kelas VIII SMPN 8 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 10(2), 10–20. https://doi.org/10.24815/jp.v10i2.28204

Rosita, C. D. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis : Apa, Mengapa, dan Bagaimana Ditingkatkan Pada Mahasiswa. Jurnal Euclid, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.33603/e.v1i1.342

Setiawati, T., Muhtadi, D., & Rosaliana, D. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Soal Aplikasi. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 748–753. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1119

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Terhadap. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/226594-peningkatan-kemampuan-penalaran-matemati-55500f0f.pdf

Suriasumantri, J. S. (2005). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan.

Syahputra, F. I., & Muktiari, B. R. (2023). Kajian Teori: Pengembangan Modul Matematika pada Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 270–274. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Yesya, R., Bayu, E. P. S., & Leni, N. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Fungsi Kuadrat. Inovasi Pendidikan, 10(2), 53–60. https://www.sman1lempuingjaya.sch.id/artikel/langkah-langkah-model-pembelajaran-problem-based-learning-pbl

Yulianto, D., Junaedi, Y., & Juniawan, E. A. (2023). Optimasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menjawab Soal Setara PISA Konten Change And Relationship Melalui Pendekatan Scientifik Terintegrasi pada Model Problem Solving. Geomath, 4(1), 31–47.

Zulfa, A., & Warniasih, K. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(22), 371–375.