KEEFEKTIFAN VISUALISASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SMPN TASIFETO TIMUR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG.

Main Article Content

Rui Borges
Stanislaus Amsikan
Oktovianus Mamoh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan visualisasi media pembelajaran Microsoft Power Point pada siswa SMPN 2 Tasifeto Timur ditinjau dari kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi lengkung. Hasil yang diperoleh menunjukan kelas yang dalam pembelajarannya menggunakan media pembelajaran Microsoft Power Point lebih efektif dari kelas yang pembelajarannya tidak menggunakan media pembelajaran halini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjjukan signifikasi z hitung 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Microsoft Power Point lebih efektif.

Article Details

How to Cite
Borges, R., Amsikan, S., & Mamoh, O. (2021). KEEFEKTIFAN VISUALISASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SMPN TASIFETO TIMUR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 8–13. https://doi.org/10.32938/jipm.6.1.2021.8-13
Section
Articles

References

Abidin. 1989. Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika (The Student Thinking Process in Solving Math Story Problem). Jakarta: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI.

Ahmad, R. 2014. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Arifin. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2000. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad. 2013. prinsip penggunaan media visual, yaitu prinsip kesederhanaan, keseimbangan, keterpaduan dan penekanan. Jakarta: SYAHAR. eprints. Unm.ac.id.

Daryanto. 2010. Peran Media damam penyampaian materi pembelajaran. Yogyakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan

Daryanto. 2014. Pengaruh media dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Ghofur. 2012. Fungsi media dalam kegiatan pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kurniawan. 2014. Jenis-jenis media visual mulai dari garis sederhana hingga penggunaan tinggi berbasis komputer. Jakarta: SYAHAR. eprints. Unm.ac.id.

Mulyadi. 2010. Analisis Kesulitan dan hambatan-hambatan belajar.

Novianti, R.D. dkk. 2010. “Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Ngembung”. Jurnal Teknologi Pendidikan

Ozerem. 2012. Bangun ruang sisi lengkung. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Purwanto. 2014: Penggunakan aplikasi multi media interaktif dalam pembelajaran Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ruffendi. 2012. Peran Media dalam proses pembelajaran. Jakarta: Media neliti.com.

Salsinha. 2018. DIKTAT STATISTIKA LANJUT. Prodi Pendidikan Matematika Universitas Timor.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. 2011. Efektivitas media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar. Bandung: SC syekhurjati.

Sanjaya, W. 2011. Penerapan model ctl berbantuan media visual novel dalam mengidentifikasi kegunaan program aplikasi. Semaran: Jurnal Pendidikan.

Sanjaya, W. 2013. Prinsip-prinsip dasar pemilihan media pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, 2008. Jenis-jenis media pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2015. metode penelitian eksperimen. Bandung: SC syekhurjati.ac.id

Suherman. 2003 langkah-langkah menyelesakan soal cerita menurut polya. SYAHAR. eprints. Unm.ac.id.

Sumarmo. 2015. keefektifan penggunaan strategi inkuiri terbimbing terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa diskalkulia kelas IV di SD negeri Gadingan.Yogyakarta: Gava Media.

Trianto. 2009: Syarat keefektifan pembelajaran. Yogyakarta: SYAHAR. eprints. Unm.ac.id.

Woodwort dan Marquis. 2003. Kemampuan menyelesaikan soal cerita. Jakarta: Prenada Media.