PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN RPP DAN LKS MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MIOMAFFO BARAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA

Main Article Content

Maria Dionesia Kofi
Oktovianus Mamoh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran RPP dan LKS  materi Segiempat dan Segitiga pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Miomaffo Barat menggunakan pendekatan etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan model Plomp. Untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran, dilakukan pengumpulan data melalui validasi RPP dan LKS, observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar dan pengisian angket respon oleh siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif-deskriptif. Hasil analisis data yaitu: a) rata-rata hasil validasi RPP sebesar 4,37 (kategori baik) dan LKS sebesar 4,33 (kategori baik), menunjukkan perangkat RPP dan LKS memenuhi kriteria kevalidan; b) rata-rata Tingkat Kemampuan Guru mengelola pembelajaran pada kedua pertemuan sebesar 4,55 (kategori sangat baik) dan aktivitas siswa efektif sebesar 98,70%, menunjukkan perangkat RPP dan LKS memenuhi kriteria kepraktisan; c) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 85,19% dan rata-rata total persentase respon siswa sebesar 90,44% (kategori sangat positif), menunjukkan perangkat RPP dan LKS memenuhi kriteria keefektifan. Kesimpulannya, perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang dikembangkan dengan pendekatan etnomatematika ini valid, praktis, dan efektif.

Article Details

How to Cite
Kofi, M., & Mamoh, O. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN RPP DAN LKS MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MIOMAFFO BARAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.32938/jipm.5.1.2020.1-13
Section
Articles

References

Amsikan, S. & Nahak, S. (2017). Hubungan Konsep Ruang Ume Kbubu Desa Kaenbaun Kabupaten Timor Tengah Utara Dengan Konsep Geometri. Prossiding KNPMP II. Surakarta: UMS.

Deda, Y. N. & Amsikan, S. (2019). Geometry Concept on the Motifs of Woven Fabric in Kefamenanu Community. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 4(1), 1 – 12.

Disnawati, H. dan Nahak, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Tenun Timor pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 64-79.

Funan, F. X. & Mamoh, O. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Uem Le’u Insana Dalam Kaitannya Dengan Konsep Geometri. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 56–69.

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99-110.

Mamoh, O. (2016). Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Materi Transformasi Pada Siswa Kelas VII SMP. SAINTEKBU: Jurnl Sains dan Teknologi, 8(2), 12-23.

Mamoh, O. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembinaan Berpikir Logis Dalam Pembelajaran Pada Siswa SMP. Prossiding KNPMP II. Surakarta: UMS.

Marsigit, dkk. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prossiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal KREANO, 3(1), 59 – 72.

Sarinah. 2015. Pengantar Kurikulum. Yogyakarta: Deepublish.