PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPEN ENDED PADA MATERI SPLDV SISWA SMP

Main Article Content

Maria Magdalena Dahu
Stanislaus Amsikan
Oktovianus Mamoh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah open ended pada materi SPLDV siswa kelas VIII SMP Negeri Nunufafi tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalahdeskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang siswa dengan rincian 1 orang kemampuan pemecahan masalah Open Ended tingkat tinggi, dan 1 orang kemampuan pemecahan masalah Open Ended tingkat rendah yang dipilih berdasarkan berdasarkan ketercapaian dari 23 siswa-siswi kelas VIIIASMP Negeri Nunufafi yang telah mengikuti tes tertulis.Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang berkemampuan pemecahan masalah Open Ended tingkat tinggi adalah mampu dalam memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh.dan subjek yang kemampuan pemecahan masalah Open Ended tingkat rendah ternyata tidak mampu memahami maksud dari soal, sihingga tidak mampu untuk menyelesaikan soal sesuai dengan langkah-langkahnya.

Article Details

How to Cite
Dahu, M., Amsikan, S., & Mamoh, O. (2020). PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPEN ENDED PADA MATERI SPLDV SISWA SMP. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(2), 64-70. https://doi.org/10.32938/jipm.5.2.2020.64-70
Section
Articles

References

Aras. 2018. Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal ISSN Universitas Borneo Tarakan 5(2).

Darojat. & Kartono. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan Aq Dengan Learning Cycle 7e. Jurnal Unnes.Universitas Negeri Semarang.

Gunawan. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Teori Dan Praktik. Edisi I Cetakan 3. Jakarta. Bumi Aksara.

Hadi. & Radiyatul. 2014. Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika 2(1), 55-61.

Hidayat. & Sariningsih. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa Smp Melalui Pembelajaran Open Ended. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109- 118.

Mawadah. & Anisah. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatife Learning) Di Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166-175.

Prastowo. 2016. Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Thursina. & Sutriyono. 2018. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Open Ended Pada Materi Bangun DatarSegiempat Bagi Siswa SMP. JurnalPendidikan Berkarakter. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga 1(1).