Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar

Main Article Content

Yustinus Seran
Oktovianus Mamoh
Selestina Nahak

Abstract

Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPK St. Yosef Noemuti dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aljabar. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPK St. Yosef Noemuti. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu menjelaskan mengenai deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematis dari sumber data yang telah diamati dan dokumen terkait lainnya kemudian dikaji seringkas mungkin untuk menjawab permasalahan. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah 3 siswa, yaitu siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang dan siswa berkemampuan rendah. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer. Instrument pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep pada  materi aljabar untuk siswa kelas VII SMPK St. Yosef Noemuti sebagai berikut: Peresentase menyatakan ulang konsep sebesar 87% dengan kategori baik, peresentase mengklasifikasikan objek sesuai dengan konsepnya sebesar  62% dengan kategori cukup, peresentase member contoh dan non contoh dari konsep sebesar 19% dengan kategori kurang, peresentase menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representase matematika sebesar 12% dengan kategori sangat kurang, peresentase menggunakan, memanfaatkan dan  memilih prosedur tertentu sebesar 0% dengan kategori sangat kurang.

Article Details

How to Cite
Seran, Y., Mamoh, O., & Nahak, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 7(3), 133–143. https://doi.org/10.32938/jipm.7.3.2022.133-143
Section
Articles

References

Aning, K., Dinnullah, R. N I., & Farida, N. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Berdasarkan Teori Apos. Seminar Nasional Fst Universitas Kanjuruhan Malang, Volume 1.

Awaliyah, F., Soedjoko, E., & Isnarto. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Model Auditory Intellectually Repetition Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia. Unnes Journal of Mathematics Education.

Dazrullisa, D. (2018). Pedagogikal Content Knowledge (PCK) Calon Guru pada Materi Aljabar Siswa SMP. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Fallo, M. D., Son, A. L., & Maifa, T. S. (2022). Matrix Concept Understanding Ability: A Quantitative Descriptive Study on Grade XI Vocational High School Students. Journal of Instructional Mathematics, 3(2), 92-100. https://doi.org/10.37640/jim.v3i2.1559.

Hidayati, F. (2010). Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam Mempelajari Aljabar.

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis peserta didik kelas VII SMP pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777-785.

Marsita, R. A., Priatmoko, S., & Kusumo, E. (2010). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Dalam MEmahami Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Two-Tiermultiple Choice Diagnostic Instrument. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1).

Muna, I. A. (2017). Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-explain) dalam meningkatkan pemahaman konsep dan ketrampilan proses IPA, El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(1), 74-91.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8-18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18.

Putra, A. P. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP PGRI Arjosan Kabupaten.

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 34-38.

Rasul, A. R. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Awal pada Siswa Kelas VII SMPNegeri 1 Kilo. Universitas Negeri Makassar: Doctoral dissertation.

Rahmi, A., Hartoyo, A., dan Yani, A. T. (2017). Deskripsi Penyelesaian Soal Cerita Materi Pecahan Ditinjau Dari Tahapan O’neil Smp Kristen Kanaan Kubu Raya. Jurnal Pendidikan.

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3il.874.