UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGAN MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran pendekatan Pemecahan Masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIISMP St. Ignasius Fahiluka Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIISMP St. Ignasius Fahiluka yang berjumlah 21 siswa, dilaksanakan pada tanggal 07 Agustus-14 Agustus 2019 dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh meliputi data hasil pengamatan yang diambil berdasarkan tindakan pada setiap siklus dan data hasil belajar yang diambil dari hasil tes pada akhir setiap siklus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukan melalui hasil tes akhir yang meningkat pada setiap siklus yaitu pada siklus I dari 21 siswa, yang mencapai ketuntasan sebanyak 14 siswa atau 66,7%dengan indikatornya adalah Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan aritmetika. pada siklus II meningkat dari 21 siswa, yang mencapai ketuntasan sebanyak 17 siswa atau 81% dengan indikatornya adalah Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan geometri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran pendekatan Pemecahan Masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
Article Details
References
Maisaroh. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada mata pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Volume 8 Nomor 2, November 2010.https://media.neliti.com/media/publications/17197-ID-peningkatan-hasil-belajar-siswa-dengan-menggunakan-metode-pembelajaran-active-le.pdf.
Nawi, M. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas (Swasta) Al Ulum Medan. Jurnal Tabularasa Pps Unimed. Volume 9, No. 1, juni 2012. Hal. 84.http://journal.uniera.ac.id/pdf_repository/juniera5-Zmiv7L6ep2ZJIvSZhtg1IT0GE.pdf.
Rahayu, D. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Pelangi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 5, No. 1, april 2015. https://www.neliti.com/id/publications/226647/meningkatkan-kemampuan-pemecahan-masalah-matematika-siswa-melalui-model-pembelajaran.
Rinawati, dkk. (2019). The Analysis Of Student’s Problem Solving Difficulty Viewed From Adversity Quotient On Means –Ends Analysis Learning.Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol 8, No. 2.2019.www.Citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.735.1861&repi&type=pdf.
Simamora, dkk. (2019). Improving Students Mathematical Problem Solving Ability and Self –Efficacy Through Guided Discovery Learning In Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education e-ISSN: 1306-3030. 2019. Vol 14, No.1www.iejme/download/improving-students-mathematical-problem-solving-ability-and–self-efficacy-through-guided-discovery-3966.pdf.
Subroto, D. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 4, No. 2, 2016
Titin. (2018). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Calon guru Biologi Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ipa Vol. 9 No 1 Januari 2018: 77-86. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/pmp/article/download/23701/18606.
Vitasari, N. dkk. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pgsd universitas sarjanawiyata tamansiswa melalui problem posing. Jurnal taman cendekia. Volume 01, No. 02, Desember 2017.
https://media.neliti.com/media/publication/261756-none-616d4c69.pdf