Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Himpunan

Main Article Content

Januario Pareira
Stanislaus Amsikan
Cecilia Novianti Salsinha

Abstract

Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa  dengan model pembelajaran kooperapetif tipe Jigsaw  pada materi himpunan untuk siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tasifeto Timur dimana SMP Negeri 2 Tasifeto Timur prestasi belajar siswa tidak mencapai Standar Ketuntasan Minimal yang ditentukan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperapetif tipe Jigsaw  pada materi himpunan. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A1 sebanyak 18 siswa. Penelitian  ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah hasil tes dan observasi. Data hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooerapetif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tasifeto Timur pada materi himpunan tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes setiap siklus yaiitu siklus I, nilai rata-rata siswa 66,69 dengan ketuntasan kelasnya 64,71% dan siklus II, nilai rata-rata siswa 71,77 dengan ketuntasan kelasnya 82,35%. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperapetif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tasifeto Timur pada materi himpunan tahun ajaran 2020/2021.

Article Details

How to Cite
Pareira, J., Amsikan, S., & Salsinha, C. N. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Himpunan. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(2), 42–49. https://doi.org/10.32938/jipm.6.2.2021.42-49
Section
Articles

References

Anam, K. 2000. Implementasi Cooperatif Learning adaptasi Model Jigsawdan Field Study. Jakarta: Dirjen Dinasmen.

Arends, R. I. 1997. Classroom Intruction And Management. New york: McGraw-Hill Companies, Inc.

Azwar, S. 2002. Tes Prestasi, Yogyakarta: Liberty

Bakar, M. A. 1981. Pedoman Pendidikan dan Pengajaran. Surabaya: Usaha Nasional.

Darsono. 2001. Belajar dan pembeljaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Jufri, A. W. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka-P.

Lie, A. 2005. Cooperative learning (mempraktekkan Cooperative learning di ruang- runag kelas. Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ningsih D. S. 2014. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa SMK Negeri 3 Meulaboh Tahun 2013/2014. Jurnal ilmiah pendidikan matematika 1 (1), 67-84.

Presiden Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Lembaran Negara RI Tahun 2005, no17. Sekretariat Negara: Jakarta.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Rejeki, N. E. S. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII G Semester 2 SMP Negeri 2 Toro Grobongan, jurnal Lemlit 3(2), 61-73.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bhumi Aksara.

Slavin, R. E. 1995. Cooperative Learning (2nd ed.). Boston, MA: Allyn & Bacon.

Syaiful. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Tran, V. D. & Lewis R. 2012. Effects of Cooperative Learning on Students at an Giang University in Vietnam. International education studies, 5(1), 86-89.

Winkel W.S. 1996. Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Gramedia Widiasmara