Pengembangan Bahan AjarMateri SPLDV dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas VIII SMPN Maubeli

Main Article Content

Diyah Giani Djaha
Oktovianus Mamoh
Stanislaus Amsikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi sistem persamaan linear dua variabel dengan pendekatan matematika realistik yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi  untuk mengukur kevalidan bahan ajar, lembar observasi, angket respon siswa dan guru untuk mengukur kepraktisan bahan ajar, dan tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori “valid” dengan skor rata-rata 4,27; (2) bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori “baik” dengan  skor rata-rata respon siswa 3,9;  skor rata-rata respon guru 4,5 dan skor rata-rata hasil observasi 84%; (3) bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori “cukup baik” dengan skor rata-rata 74,15 untuk ketuntasan belajar secara individual dan kategori “baik” dengan skor rata-rata 70% untuk ketuntasan belajar klasikal.

Article Details

How to Cite
Djaha, D. G., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2020). Pengembangan Bahan AjarMateri SPLDV dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas VIII SMPN Maubeli. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(1), 25–30. https://doi.org/10.32938/jipm.4.1.2019.25-30
Section
Articles