Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa SMP Negeri Kateri

Main Article Content

Benedikta Balok Dini
Stanislaus Amsikan
Oktovianus Mamoh

Abstract

“Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Soswa SMP Negeri Kateri Kelas VIII Tahun Ajaran 2018/2019”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan sistem persamaaan linear dua variabel dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah  siswa kelas VIIIB SMP Negeri Kateri yang berjumlah  sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Letak kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel adalah (a) kesulitan memahami soal cerita secara verbal, (b) kesulitan membuat model matematika, (c) kesulitan melakukan operasi aljabar, (d) kesulitan untuk menarik kesimpulan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel adalah (a)  tidak dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan, (b) tidak bisa membuat persamaan 1 dan 2, (c) tidak mampu untuk mengeliminasikan dan mensubstitusikan, (d) tidak dapat menyimpulkan hasil akhir yang sudah dikerjakan.

Article Details

How to Cite
Balok Dini, B., Amsikan, S., & Mamoh, O. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa SMP Negeri Kateri. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4(2), 44–50. https://doi.org/10.32938/jipm.4.2.2019.44-50
Section
Articles