Prosedur Newman: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Prisma

Main Article Content

Susana Koe Fallo
Fitriani Fitriani
Stanislaus Amsikan

Abstract

Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada materi luas dan volume prisma dipengaruhi oleh kurangnya memahami masalah dan konsep materi serta pemberian soal tes atau soal ulangan yang jarang diberikan sehingga berdampak pada nilai siswa yang belum mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri Oemofa dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal Luas Permukaan Serta Volume Prisma Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Oemofa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data rata-rata kesalahan yang dilakukan siswa pada tipe Kesalahan Membaca sebesar 42%, Kesalahan Memahami sebesar 64%, Kesalahan Transformasi sebesar 83%, Kesalahan Keterampilan Proses sebesar 78% dan Kesalahan Penulisan Jawaban Akhir sebesar 88%.

Article Details

How to Cite
Fallo, S. K., Fitriani, F., & Amsikan, S. (2021). Prosedur Newman: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Prisma. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(3), 89–99. https://doi.org/10.32938/jipm.6.3.2021.89-99
Section
Articles

References

Iswadji, D. (2001). Geometri Ruang. Universitas Negeri Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika.

Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in assam (india): an analysis using newman procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(1), 17-21.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif

Perdana, I. A. (2018). Analisis Teknik Mencari Alat Bukti Terhadap Pelaku penyalahgunaan Narkotika Pada Tahap Penyelidikan Dan Penyidikan. [Skripsi]. Lampung: Universitas Lampung.

Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of mathematics performance of grade five students in Thailand using Newman procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111-122.

Purnama, M.D., Irfani, M., & Elizabeth, T. (2016). Rancangan Bangun Aplikasi pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan Unity 3d. 1-10.

Raduan, I. H. (2010). Error analysis and the corresponding cognitive activities committed by year five primary students in solving mathematical word problems. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3836-3838.

Rostika (2008). Pembelajaran Volume Bangun Ruang Melalui Pendekatan Konstruktivisme untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The newman procedure for analyzing primary four pupils’ errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 264-271.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdiknas, Jakarta.

Son, A. L., Darhim & Fatima, S. (2019). An Analysis to Student Error of Algebraic Problem Solving based on Polya and Newman Theory. In Journal of Physics: Conference Series, 1315 (1). IOP Publisher.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Turmudi. (2006). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Univ. Pendidikan Indonesia.

White, A. L. (2010). Numeracy, literacy and Newman’s error analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129-148.