Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Pembuktian Teorema Grup
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan mahasiswa semester III prodi pendidikan matematika Unimor dalam menyelesaikan pembuktian teorema grup serta menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan mahasiswa semester III prodi pendidikan matematika Unimor dalam menyelesaikan pembuktian teorema grup. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dosen pengampuh mata kuliah struktur aljabar 1 dan mahasiswa semester III Program Studi pendidikan matematika Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dengan menggunakan alat bantu lembar jawaban mahasiswa dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa masih sulit dalam membaca bukti atau menunjukkan kebenaran suatu pernyataan yaitu mahasiswa tidak menuliskankan kembali teoema esuai pernyataan, mahasiswa tidak mengetahui apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal teorema grup serta masih sulit untuk mengkonstruksi bukti yaitu sulit menentukan awal atau permulaan dari suatu pembuktian, sulit menerapkan defenisi, sifat maupun teorema dan sulit menentukan langkah-langkah pembuktian yang benar.
Article Details
References
Aisah, Isah. 2017. Modul Struktur aljabar . Bandung: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjajaran.
Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arnawa, I, M. 2009. Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memvalidasi Bukti pada Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS. Jurnal Matematika dan Sains, 14(2): 62-68.
Astuti,A., & Zulhendri,Z.(2017). Analisis Kesulitan Belajar Struktur Aljabar pada Mahasiswa Semester III Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Pahlawan Tuanku Tahbusai Riau Tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,1(1),17-23.
Blanton, M. L., & Kaput, J. J. (2011). Functional thinking as a route into algebra in the elementary grades. In Early algebraization (pp. 5-23).
Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Haryono J, Susanto H, 2013. Meningkatkan Aktivitas Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Kuliah Struktur Aljabar. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Herlina, E. (2015). Meningkatkan advanced mathematical thinking mahasiswa. Infinity Journal, 4(1), 65-83.
Ikramuddin, & Quraisy, A. (2017). Identifikasi Faktor – Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makasar. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 47-58.
Lestari, Karunia Eka. (2015). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Induktif-Deduktif Pada Mata Kuliah Analisis Real. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidyatullah
Mairing, Jackson Pasini. “Students, Difficulties in Solving Problem of Real Analysis. Dalam Proceeding of international Conference on Research, Implementation and Education Of Mathematics and Science 2014, Yogyakarta State University, 18-20 May 2014.
Romadiasri, Y. (2012). Analisis Kesalahan Mahasiswa Matematika Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Logika. Jurnal PHENOMEON, 2(1),75-93.
Sahriah, Siti. 2012. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Universitas Negeri Malang.
Sumarmo, U. (2011). Bahan Kuliah: advanced mathematical thinking and habit of mind mahasiswa. PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Sucipto, Lalu dan Mauliddin. 2016. Analisis kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Bilangan Real. Beta 9(2)
Supartini, E. 2001. Diagnostic Kesulitan Belajar Dan Pengajaran Remedial. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Prndidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Tanjungsari dan Soedjoko.2012. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Weber, Keith. 2001. Student Difficulty in the Constrcting Proof: The Need for Strategic Knowledge, Educational Studies in Mathematics Vol 48: 101-119