ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN: SUATU KASUS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Main Article Content
Abstract
Analisis kesalahan adalah langkah awal yang perlu dilakukan untuk mengetahui jenis dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Dengan adanya penelitian ini diharapkan memberi informasi terkait jenis dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan. Analisis penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas VII-A SMPN 2 Martapura. Dipilih 4 subjek menjadi responden untuk mengungkap secara mendalam jenis kesalahan yang dilakukan berdasarkan banyaknya kesalahan dan mampu berkomunikasi dengan baik. Berdasarkan hasil analisis kesalahan siswa diperoleh 34,5 % melakukan kesalahan konseptual dan 13,1 % melakukan kesalahan prosedural. Yang menjadi penyebab diperoleh bahwa (1) siswa kurang memahami konsep bilangan negatif, (2) kurang memahami konsep tentang pecahan senilai, (3) kurang memahami operasi bilangan bulat, (4) siswa kurang memahami konsep mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, (5) siswa tidak teliti dalam menyelesaikan soal, dan (6) siswa terburu-buru dalam menghitung
Article Details
References
Astuty, K. Y., & Wijayanti, P. (2013). Analisis kesalahan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal matematika pada materi pecahan di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. 2(3), 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/viewFile/3886/6430
Brown, J., & Skow, K. (2016). Mathematics: Identifying and Addressing Student Errors. The Iris Center, 31. https://iris.peabody.vanderbilt.edu/wp-content/uploads/pdf_case.../ics_matherr.pdf
Fuadiah, N. F., Suryadi, D., & Turmudi, T. (2017). Analysis of Didactical Contracts on Teaching Mathematics: a Design Experiment on a Lesson of Negative Integers Operations. Infinity Journal, 6(2), 157. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p157-168
Hoar, A. Y., Amsikan, S., & Nahak, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Pada Siswa Kelas VII SMPK St. Isidorus Besikama. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.32938/jipm.6.1.2021.1-7.
Julian S, R., Bennu, S., & Lefrida, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu dalam Menyelesaikan Soal Operasi Pecahan Bentuk Aljabar. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 04(02), 248–262.
Juliyanti. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Se-Gugus Lodan Semarang Utara. Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 1–227.
Kurniawan, E., Jamiah, Y., & Sayu, S. (2016). Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal pada Materi Bilangan Pecahan di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan …, 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14167
Mali, M. Y., Amsikan, S., & Nahak, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Aritmatika Sosial. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(2), 65-72. https://doi.org/10.32938/jipm.6.2.2021.65-72.
Marpaung, N. Q. R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Di MTs Swasta Aisyiyah Sumatera Utara. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Maulana, M. A. S., & Dachi, S. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman pada Materi SPLDV pada Siswa SMP Al –Maksum T.P 2020/2021. Journal Mathematics Education Sigma, 1(2), 84–92. https://doi.org/10.30596/jmes.v1i2.5193
Muthukrishnan, P., Kee, M. S., & Sidhu, G. K. (2019). Addition error patterns among the preschool children. International Journal of Instruction, 12(2), 115–132. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1228a
Prayitno, A., & Wulandari, D. T. (2015). Meminimalkan kesalahan konsep pecahan melalui pembelajaran penemuan terbimbing dengan gesture produktif pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, I(2), 106–117.
Priyani, H. A., & Ekawati, R. (2018). Error analysis of mathematical problems on TIMSS: A case of Indonesian secondary students. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 296(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1757-899X/296/1/012010
Ramlah, Bennu, S., & Paloloang, B. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas VII SMPN Model Terpadu Madani. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 182–194. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1660
Ratna, Ismaimuza, D., & Lefrida, R. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bentuk Aljabar Di SMP Negeri 7 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(4).
Sahriah, S., Muksar, M., & Lestari, T. E. (2012). Analisis Kesalaahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1–10.
Sumule, U., Amin, S. M., & Fuad, Y. (2018). Error Analysis of Indonesian Junior High School Student in Solving Space and Shape Content PISA Problem Using Newman Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 947(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012053
Tambychik, T., & Meerah, T. S. M. (2010). Students’ difficulties in mathematics problem-solving: What do they say? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 142–151. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.020
Taufik, A. R., Pagiling, S. L., Mayasari, D., Munfarikhatin, A., Natsir, I., & Dadi, O. (2019). The Metacognition of Junior High School Students in Posing Mathematical Problems Viewed From Cognitive Style. 383(Icss), 137–143. https://doi.org/10.2991/icss-19.2019.213
Untari, E. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Media Prestasi Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13(1), 1–8. file:///C:/Users/ACER/AppData/Local/Temp/adoc.pub_diagnosis-kesulitan-belajar-pokok-bahasan-pecahan-.pdf
White, A. L. (2010). Numeracy, Literacy, and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129–148.
Wibowo, C. R. (2019). Kesalahan siswa dalam mengoperasikan bilangan bulat pada materi vektor dimensi tiga kelas XI di SMK.